Hebel dan Bata Ringan Sama atau Berbeda? Ini Dia Jawabannya

Hebel dan Bata Ringan Sama atau Berbeda? Ini Dia Jawabannya

KEPOINDONESIA.id - Singkat saja bahwa Hebel dan Bata Ringan sebenarnya sama saja. Ada yang menyebutnya sebagai Hebel dan ada yang menyebutnya sebagai Bata Ringan atau Bata Putih. Tetapi secara nasional sebut yang paling benar yaitu Bata Ringan.

Bata Ringan sama seperti Batako yaitu kini sebagai salah satu bahan bangunan yang diperlukan untuk membangun bangunan. Jadi selain Bata Merah atau Batu Bata kalian bisa pilih Hebel atau Batako sesuai keinginan.

Bata Merah, Bata Ringan, dan Batako memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saya sendiri jika disuruh memilih tanpa memperhitungkan harga dan biaya saya jelas akan memilih Batu Bata atau Bata Merah

Walaupun banyak yang bilang Bata Merah terkesan jadul tetapi saya tetap menyukainya. Karena sudah tau antara Hebel dan Bata Ringan sama kali ini saya akan bahas mengenai apa sebenarnya Bata Ringan ini dan kelebihannya jika dibandingkan dengan bahan yang lainnya.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara mudah memperbaiki kran air yang menetes serta perbedaan antara keramik dan granit yang perlu kalian ketahui.

Bata Ringan atau Hebel


Bata Ringan atau yang sering disebut Hebel atau Bata Putih merupakan bata yang terbuat dari adonan pasir silika, semen, batu kapur, gypsum, air, dan aluminium bubuk yang diawetkan dengan cara dipanaskan dan diberi tekanan tinggi menggunakan mesin.

Bata Ringan memiliki ukuran yang lebih besar dari Bata Merah dan masih lebih besar lagi dari Batako. Karena memiliki ukuran yang lebih besar pengerjaan konstruksi jauh lebih cepat dan walaupun ukurannya besar seperti namanya Bata Ringan tetaplah ringan.

Kelebihan dan Kekurangan Bata Ringan atau Hebel


Kelebihan dari Bata Ringan yang utama yaitu membuat proses konstruksi menjadi lebih cepat. Selain itu Bata Ringan juga memiliki daya tahan seperti beton yang mampu menjadi isolator dan tidak perlu plesteran yang tebal.

Sedangkan kekurangan Bata Ringan yaitu untuk konstruksi, dinding, atau bangunan yang relatif kecil menggunakan Bata Ringan bisa terkesan boros karena nanti akan membuat banyak sisa potongan Bata Ringan yang tanggung.

Selain itu pemasangan Bata Ringan memerlukan semen dan perekat khusus, perlu keahlian juga dalam pemasangannya. Serta jika Bata Ringan terkena air dalam proses pemasangan maka proses pengeringannya akan memakan waktu yang lama.

Selain kelebihan dan kekurangan Bata Ringan atau Bata Putih ini, apakah kalian tau kenapa Bata Ringan sering disebut dengan Hebel?. Hebel sendiri merupakan nama perusahaan yang memproduksi Bata Ringan dan pertama kali di produksi oleh PT. Hebel Indonesia pada tahun 1995.

Sama seperti mesin pompa air yang disebut Sanyo karena perusahaan yang terkenal membuat mesin tersebut bernama Sanyo. Sama juga seperti mie instan yang disebut Sarimi karena dulu produsen mie instan Sarimi sangatlah terkenal dan sangat melekat di masyarakat.

Sekian pembahasan dari saya mengenai Hebel atau lebih tepatnya Bata Ringan. Sebelum saya akhiri apabila kalian belum tau istilah LD dan LT dalam jual beli tanah atau sawah kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon