Konversi Penghitungan Mil dan Kilometer

Konversi Penghitungan Mil dan Kilometer

KEPOINDONESIA.id - KM atau Kilometer dan Mil atau Mile sangat sering kita jumpai di dunia otomotif. KM sering ada di speedometer kendaraan sedangkan Mil sering ada di rambu-rambu jalan yang menunjukan jarak suatu tempat dari lokasi tersebut.

Saya yakin untuk KM kalian sudah tidak asing dan sangat sering melihatnya. Karena kendaraan yang kita gunakan setiap hari menggunakan satuan Kilometer dan KM pada speedometernya. Sedangkan untuk Mile atau Mil di Indonesia sangat jarang bahkan saya tidak pernah menemuinya.

Karena rambu penunjuk arah di Indonesia menggunakan satuan KM seperti pada speedometer. Sebagai contoh arah ke Jakarta 105 KM lagi atau arah ke Bandung 56 KM lagi. Lalu bagaimana penghitungan KM ke Mil atau Mil ke KM?

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena saya akan menjelaskan pengertian KM dan Mil serta hitungan 1 KM berapa Mil. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Kalian bisa baca artikel tentang pilih helm Full Face atau Half Face serta cara mengatasi jas hujan yang kaku dan berbau. Langsung saja berikut penjelasan mengenai KM dan Mil yang perlu kalian ketahui.

Km (Kilometer)


Kilometer atau yang sering disingkat menjadi Km merupakan ejaan Amerika yang merupakan nilai ukuran satuan panjang dalam sistem metrik. 1 KM sama dengan 1000 Meter dan 1000 meter sama dengan 1 Km.

Km secara resmi digunakan dalam menyatakan jarak antara suatu tempat geografis tanah pada seluruh bagian bumi kecuali di Amerika Serikat dan Inggris yang keduanya menggunakan satuan lainnya.

Mil


Mil atau Mile adalah satuan pengukuran yang digunakan oleh Amerika Serikat. Oleh karena itu kalian akan sering melihat rambu penunjuk arah di film-film dari wilayah tersebut menggunakan satuan Mil bukan Km.

1 Mil sama dengan 1,609 km. Jangan salah mengartikan, koma yang ada memiliki arti desimal bukan ribuan. Mudahnya 1 Mil sama dengan 1600 meter, atau Mil 600 meter lebih jauh dari dari pada Kilometer.

Nah itu dia penjelasan dari saya mengenai Mil dan Kilometer. Selisih antara Mil dan Km bisa dibilang cukup jauh lebih dari setengahnya. Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Sebelum saya akhiri kalian bisa baca tips menanjak menggunakan sepeda motor Matik. Tidak seperti motor bebek atau motor kopling, menanjak menggunakan motor matik memiliki trik tersendiri.


EmoticonEmoticon