Perbedaan Audio Mono dan Stereo Saat Mendengarkan Musik Dengan Headset

Perbedaan Audio Mono dan Stereo Saat Mendengarkan Musik Dengan Headset

KEPOINDONESIA.id - Mungkin kalian pernah merasa suara dari headset yang kalian dengar terkadang berbeda antara HP satu dengan HP yang lain. Atau di HP yang sama tetapi berbeda ketika kalian tidak sengaja merubah setelan audio.

Sebagai contoh biasanya antara kanan dan kiri suaranya sama kini berbeda. Atau yang sebelumnya kanan dan kiri berbeda dan bisa digunakan untuk karaoke tetapi kita sama jadi tidak bisa membedakan suara vokal dan musik.

Ini bisa terjadi karena ada yang namanya Mono dan Stereo. Untuk HP Android ketika kalian menggunakan headset, TWS, atau alat penyuara telinga lainnya suara yang akan terdengar antara headset kanan dan headset sebelah kiri sama.

Jadi jika kalian menggunakan salah satunya saja tidak masalah. Tetapi ada juga yang antara kanan dan kiri berbeda jadi untuk bisa menggunakannya keduanya harus kalian pakai dan gunakan.

Lalu apa yang dimaksud dengan Stereo dan Mono? untuk tau pengertian dan perbedaan antara keduanya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengatasi TWS hanya bunyi sebelah serta cara mengatasi bunyi dari headset yang tidak sama.

Apa Perbedaan Audio Mono dan Stereo?


Audio mono atau monaural merupakan format audio yang menggunakan satu saluran saja untuk menghasilkan suara. Sedangkan audio stereo merupakan format audio yang menggunakan dua saluran untuk menghasilkan suara.

Singkatnya antara suara kanan dan kiri apabila mono hasilnya akan sama karena menggunakan saluran yang sama. Sedangkan jika stereo bisa berbeda seperti kanan hanya untuk vokal dan yang kiri hanya untuk musik.

Lebih Baik Audio Stereo atau Mono?


Untuk hal ini tergantung dari selera, tetapi yang perlu kalian ketahui tidak semua lagu dan musik mendukung audio stereo jadi walaupun stereo aktif apabila tidak mendukung hasil suaranya akan sama saja yaitu mono.

Apabila kalian ingin merasakan sensasi mendengarkan musik yang lebih dalam stereo memang pilihannya. Tetapi jika kalian ingin mendengarkan musik dan fokus ke bass mono sudah lebih dari cukup.

Apakah Semua HP Android Ada Pilihan Mono dan Stereo?


Untuk di HP Android saya yakin semuanya ada, hanya saja pilihannya bukan stereo atau mono melainkan mono saja. Jika mono diaktifkan maka audio akan keluar dari satu saluran dan jika kalian menonaktifkan mono audio akan keluar dari dua saluran.

Sedangkan untuk di iOS pada iPhone saya kurang tau, tetapi bisa kalian cek dan periksa sendiri. Yang jelas untuk stereo musik dan lagu yang kalian putar juga harus mendukung karena jika tidak mendukung hasilnya akan menjadi mono.

Saya sendiri biasanya menggunakan mono karena sudah terbiasa dan memang lebih nyaman untuk semua jenis musik. Sedangkan untuk dangdut dan koplo jika bisa kalian pilih stereo karena hasilnya sangatlah memuaskan.

Kesulitannya mungkin mencari lagu dan musik dangdut koplo yang memang mendukung stereo. Jika tidak mendukung tidak akan keluar sebagai stereo melainkan mono yang biasa saja alias kurang mantap.

Sekian pembahasan dari saya mengenai mono dan stereo pada setelan audio di HP Android. Sebelum saya akhiri jika lubang headset di HP kalian rusak kalian bisa baca artikel mengenai biaya perbaikan port headset di HP yang rusak dan tidak dapat berfungsi.


EmoticonEmoticon