3 Penyebab Bunyi Headset dan Earphone Kanan dan Kiri Tidak Sama

3 Penyebab Bunyi Headset dan Earphone Kanan dan Kiri Tidak Sama

KEPOINDONESIA.id - Mendengarkan musik dengan kenikmatan yang lebih kalian bisa menggunakan Speaker Aktif atau Headset. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing dan tergantung dari kebiasaan dan selera kalian.

Menggunakan Speaker Aktif menurut saya memang suaranya lebih mantap terdengar dan bass nya sangat terasa. Tetapi kekurangannya orang lain juga akan mendengarnya dan kalian tidak bisa meningkatkan suara sampai ke volume tertinggi karena nantinya akan mengganggu orang lain.

Sedangkan menggunakan headset, headphone, earphone, atau alat penyuara telinga lainnya untuk mendapatkan suara yang bagus susah-susah gampang. Selain kalian harus mencobanya satu-persatu alat penyuara telinga yang bagus harganya tidaklah murah.

Selain harganya yang mahal terkadang ada beberapa masalah seperti tidak berbunyi atau hanya berbunyi sebelah. Kenapa headset , earphone, dan aksesoris serupa lainnya sering mengalami permasalahan tersebut?.

Ada beberapa penyebab dan faktor. Untuk tau apa penyebab dan faktornya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai karena saya akan membahasnya untuk kalian. Saya akan jelaskan faktor penyebab suara atau bunyi dari headset tidak sama atau yang sebelah tidak bunyi sama sekali.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti apa itu DTS Sound dan Dolby Digital serta kenapa lubang speaker hanya bunyi satu padahal lubang speaker di bawah HP ada dua.


Penyebab Headset dan Earphone Hanya Bunyi Sebelah atau Bunyinya Tidak Sama


1. Sudah Tidak Normal alias Bermasalah


Penyebab utamanya yaitu masalah pada sisi aksesori penyuara telinga yang kalian miliki dan gunakan. Karena sering digunakan diberbagai kegiatan membuat kabelnya sering tertekuk dan lama kelamaan akan mengelupas.

Jika mengelupas saja tidak akan mempengaruhi hasil suaranya. Nah masalah terjadi jika kabel tembaga yang ada di bagian dalam sudah putus. Maka bagian yang putus tidak akan berbunyi dan jika putus semua maka headset atau earphone tidak bisa digunakan lagi.

2. Belum Terpasang Dengan Benar


Ini terjadi biasanya ada Headset atau Earphone yang baru saja kalian beli karena memang jack 3.5mm masih bagus dan terlalu besar. Jadi walaupun kalian merasa sudah kalian hubungkan kalian bisa tekan lagi sampai bunyi klik.

3. Audio Mono


Audio Mono sebenarnya tidak perlu kalian aktifkan kecuali kalian mendengarkan lagu karaoke. Karena untuk lagu dan musik karaoke melodi dan vokalnya di pisah dan saat didengarkan lewat headset akan terasa perbedaannya.

Jika lewat speaker tidak ada perbedaan alias suara menjadi satu. Tetapi jika menggunakan headset dan earphone suara akan terpisah dan lebih dominan ke melodi atau musik dan suara atau vokalnya terkesan hilang.

Penyebab umumnya hanya itu saja dan paling sering disebabkan karena masalah pada aksesori penyuara telinga itu sendiri. Karena sering tertarik atau tertekuk kabel menjadi terkelupas dan rawan putus.

Itu saja pembahasan saya kali ini mengenai headset yang hanya bunyi sebelah. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai Voice Typing yang tidak berfungsi padahal bisa kalian klik. Voice Typing bisa memudahkan kalian saat mengetik karena dengan suara kalian bisa mengetik dengan lebih cepat.


EmoticonEmoticon