Pengertian Saking Pundi dan Tindak Pundi Dalam Bahasa Jawa Sehari-Hari

Pengertian Saking Pundi dan Tindak Pundi Dalam Bahasa Jawa Sehari-Hari

KEPOIDONESIA.id - Kalian yang tinggal di Jawa mungkin sering ditanya "Tindak pundi" saat ingin bepergian dan ditanya "Saking pundi" ketika pulang dari bepergian. Saya yakin kalian pernah ditanya dan kalian jawab dengan sopan.

Itu bagi kalian yang sudah biasa karena kalian memang tinggal dan kecil di Jawa, bagaimana jika kalian bukan orang Jawa?. Pasti kalian panik dan bingung karena tidak tau arti dari dua pertanyaan tersebut.

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Akan saya bahas apa yang disebut dengan "Saking pundi" dan apa yang disebut dengan "Tindak pundi". Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti jika kalian belum tau arti mboten nopo-nopo kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut. Serta jika kalian belum tau apa yang dimaksud dengan Uka dan Umak kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.

Arti Tindak Pundi


Tindak Pundi sendiri dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "Pergi ke mana", biasanya ditanyakan kepada seseorang yang keluar dari rumah atau yang bertemu di jalan. Apabila keluar dari rumah sudah pasti mau pergi.

Tetapi jika bertemu dijalan bisa saja baru mau pergi atau sudah pulang. Penggunaannya biasanya seperti ini "Badhe tindak pundi Pak RT" yang dalam Bahasa Indonesia menjadi "Mau pergi kemana Pak RT".

Arti Saking Pundi


Berbeda dengan Tindak Pundi, Saking Pundi dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "Dari mana". Jadi jika bertanya kepada tetangga biasanya jika bukan Tindak Pundi maka yang digunakan Saking Pundi.

Sebagai contoh kalian melihat tetangga kalian baru pergi dari luar. Kalian bisa tanya "Saking pundi Buu" yang memiliki arti "Dari mana Buu". Dan bisa dijawab "Saking peken" atau dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "Dari pasar".

Tindak pundi dan Saking pundi ini salah satu pertanyaan basa-basi supaya kita dengan tetangga atau orang yang kita kenal lebih akrab dan tidak terkesan sombong. Memang tidak selalu ditanyakan tetapi jika situasi tepat lebih baik ditanyakan.

Apabila sudah ditanya kalian bisa menjawabnya. Apa boleh dijawab jujur? tentu saja tidak harus. Apabila kalian mau pergi kemana atau dari mana orang lain tidak tau kalian bisa jawab dari atau mau ke tempat yang berbeda.

Sekian pembahasan dari saya mengenai arti Tindak pundi dan arti Saking pundi. Sebelum saya akhiri jika kalian belum tau apa yang dimaksud dengan wadul kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai wadul.


EmoticonEmoticon