Arti Kata Wadul Yang Sering Digunakan Oleh Orang Jawa

Arti Kata Wadul Yang Sering Digunakan Oleh Orang Jawa

KEPOINDONESIA.id - Bagi yang tinggal di Jawa, pasti tidak asing dengan istilah kata wadul. Saat saya kecil, sering sekali anak anak yang selalu wadul ke orang tuanya. Anak yang suka wadul itu akan disebut sebagai tukang wadul atau wadulan.

Sebenarnya hal tersebut wajar saja, namanya juga anak-anak. Namun jika bukan orang Jawa, pasti tidak tau yang dimaksud wadul itu apa. Jika di Jawa khususnya Jateng dan Jatim disebut wadul, namun untuk di Sunda lebih sering disebut ngawadul.

Sebagai contoh ada anak-anak yang sedang bermain dan salah satu dari mereka menangis karena di ganggu oleh teman-teman lainnya. Anak yang menangis tadi lalu pulang ke rumah dan wadul kepada orang tuanya.

Itulah yang dinamakan wadulan. Lalu apa arti wadul itu sendiri? Pasti kalian ada yang tidak tau maksud nya apa. Bagi orang Jawa pasti sudah tau dan pernah melakukan hal seperti itu, namun jika kalian belum tau akan saya jelaskan sedikit.

Sebelum lanjut ke pembahasan wadul, kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti apa yang disebut mutung di Jawa dan penjelasan orang yang cepu. Berikut arti dan penjelasan kata wadul.

Wadul sama saja dengan Mengadu. Jika bahasa Indonesia artinya Mengadu, di Jawa mengadu diganti dengan kata Wadul. Jadi anak kecil yang menangis tadi wadul ke orang tuanya bermaksud mengadu kepada orang tua mereka jika sudah di nakalin.

Dalam lingkungan masyarakat, wadul ini biasa dilakukan oleh anak-anak. Jika tidak wadul ke orang tuanya ya ke kakak mereka. Jika dalam dunia kerja biasanya ada karyawan yang tidak suka dengan karyawan lainnya dan mengadu kepada bos, itu juga bisa disebut wadul.

Kebiasaan melapor atau wadul ini masing-masing individu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang suka mengadu walaupun cuma di isengin saja dan juga ada yang sampai di ejek temannya setiap hari setiap saat tetapi tidak pernah melapor atau wadul.


EmoticonEmoticon