Laminating dan Press, Bagus Yang Mana?

Laminating dan Press, Bagus Yang Mana?c

KEPOINDONESIA.id - Dokumen penting wajib kita amankan supaya dokumen tersebut tidak rusak atau hilang. Ada banyak sekali jenis dokumen penting seperti Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran dokumen yang pasti dimiliki di setiap keluarga.

Selain menyimpan di tempat yang aman dan tepat, dari sisi dokumen juga bisa kita beri perlindungan khusus. Perlindungan yang biasanya dilakukan untuk melindungi dokumen yaitu Laminating dan Press.

Press dan Laminating adalah salah satu cara untuk mengamankan dokumen supaya dokumen tidak terkena air, tidak robek, dan tidak termakan rayap. Nah yang menjadi pertanyaan antara Laminating dan Press bagus yang mana?.

Sekilas menurut saya dan saya yakin menurut banyak orang Laminating lebih bagus dari pada Press. Akan tetapi kalian perlu tau perbedaan dan kekurangan mengamankan dokumen dengan teknik Laminating dan Press.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara menambah lembar kerja baru di Microsoft Word serta kegunaan aplikasi Adobe Bridge.

Apa Itu Press?


Press atau Press Mika adalah membungkus dokumen menggunakan plastik khusus dan dokumen masih bisa dibuka dengan keadaan utuh. Karena yang di pres hanya pinggiran plastik saja tidak seperti Laminating.

Dengan Press Mika dokumen masih bisa dibuka dalam keadaan utuh tanpa ada rusak karena efek nempel. Press cocok untuk mengamankan dokumen karena selain aman dokumen masih bisa dibuka jika ada keperluan tertentu.

Apa Itu Laminating


Sedangkan Laminating adalah membungkus atau melapisi dokumen dengan plastik khusus. Proses Laminating akan menempelkan seluruh bagian plastik khusus ke seluruh bagian dokumen dan sifatnya lengket.

Kemungkinan dokumen akan rusak jika kalian memaksa melepas dokumen dari Laminating. Berbeda dengan Press, Lamintaing cocok untuk mengabadikan dokumen seperti Piagam, Foto Kenang-kenangan, dan dokumen lainnya.

Jadi lebih baik Press atau Laminating? saya jawab tergantung jenis dokumen. Dokumen-dokumen yang perlu di cek keasliannya saran saya jangan di Laminating tetapi lebih baik di Press saja.

Itu saja yang bisa saya jelaksan tentang Press Mika dan Laminating, semoga bermanfaat bagi kalian. Belum tau perbedaan file CSV dan XLS? kalian bisa baca perbedaan XLS dan file CSV.


EmoticonEmoticon