Arti Mboten Nopo Nopo dan Rapopo Dalam Bahasa Jawa

Arti Mboten Nopo Nopo dan Rapopo Dalam Bahasa Jawa

KEPOINDONESIA.id - Sound "mboten nopo nopo, mboten,, mboten nopo nopo, rapopo" belakangan ini viral di TikTok. Apalagi sound ini dibuat oleh pengguna TikTok yang memiliki suara kecil dan merdu yang membuat sound mboten nopo-nopo terngiang-ngiang di kepala.

Nah yang akan menjadi pembahasan saya kali ini yaitu kata mboten nopo-nopo dan rapopo. Saya yakin beberapa dari kalian sudah ada yang tau khususnya rapopo, karena rapopo lebih familiar daripada mboten nopo-nopo.

Karena saya kira cukup banyak yang belum tau arti dari rapopo dan mboten nopo-nopo jadi kali ini saya akan membahasnya untuk kalian semua. Supaya apa? supaya kalian tau artinya dan tidak hanya bisa menggunakan sound tersebut saja.

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas Bahasa Jawa dari rapopo dan mboten nopo-nopo. Namun sebelum lanjut kalian harus tau apa yang disebut dengan tenane dan mosok serta jika kalian belum tau apa itu borongan kalian bisa baca artikel mengenai apa itu yang dinamakan borongan.

Rapopo


Pertama yang akan saya bahas yaitu Rapopo. Untuk rapopo saya kira rata-rata sudah tau walaupun kalian bukan orang Jawa. Karena kata ini bisa dibilang cukup sering diucapkan walaupun awalnya kalian tidak tau lama-lama kalian menjadi tau sendiri.

Rapopo sendiri memiliki arti tidak apa-apa. Jadi jika di chatting jika Bahasa Indonesia gapapa sedangkan bahasa Jawanya rapopo. Mungkin kalian pernah dengar lagu "Aku Rapopo" ini memiliki arti aku tidak apa-apa.

Mboten Nopo Nopo


Sama seperti Rapopo, Mboten Nopo-Nopo memiliki arti Tidak Apa Apa. Hanya saja jika Rapopo merupakan bahasa Jawa Ngoko sedangkan Mboten Nopo Nopo merupakan bahasa Jawa Krama atau mudahnya yang lebih sopan.

Jadi jika kalian berbicara dengan orang yang lebih tua atau yang kalian hormati kalian bisa gunakan Mboten nopo-nopo. Sedangkan jika kalian berbicara dengan teman atau seseorang yang umurnya dibawah kalian bisa gunakan Rapopo.

Selain mboten nopo-nopo ada kata lainnya seperti Mboten Saget dan Mboten Ngertos. Mboten Saget artinya tidak bisa sedangkan Mboten Ngertos artinya tidak tau. Ada juga Disade Mboten yang memiliki arti dijual atau tidak.

Masih ada pembahasan Bahasa Jawa lainnya baik Ngoko atau Krama yang akan saya bahas. Dan beberapa memang cukup populer dan viral di internet. Jadi jika ada pembahasan lagi akan saya bahas juga tetapi tidak sekarang.

Sekian pembahasan dari saya mengenai mboten nopo nopo yang viral di TikTok. Sebelum saya akhiri jika kalian tidak tau arti turu dan mending turu kalian bisa baca artikel mengenai apa yang dimaksud dengan istilah turu.


EmoticonEmoticon