Arti Bahasa Jawa Ngeyel dan Keyel Yang Ditujukan ke Seseorang

Arti Bahasa Jawa Ngeyel dan Keyel Yang Ditujukan ke Seseorang

KEPOINDONESIA.id - Siapa dari kalian yang sering disebut ngeyelan atau sering disebut bocah keyelan. Beberapa dari kalian pasti pernah disebut seperti itu baik oleh teman kalian, oleh orang tua kalian, atau oleh siapapun.

Di masyarakat Jawa keyel atau ngeyel bisa ditemui di semua orang, karena itu sebuah sifat. Ada yang suka ngeyel dan ada yang manut. Manut ini disukai oleh semua orang karena tidak ngeyel, karena yang nyesel sering membuat kesal.

Untuk tau apa yang disebut dengan keyel, ngeyel, serta manut kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Khususnya jika kalian bukan orang Jawa atau bukan keturunan Jawa. Jika tidak membaca artikel ini kalian tidak akan tau.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa itu panggah angel dan panggal semangat serta apa yang disebut dengan masuk goa. Saya yakin jika kalian suka sepak bola sudah tidak asing dengan kata masuk goa.

Ngeyel Dalam Bahasa Jawa


Ngeyel bisa dikatakan sebutan bagi seseorang yang tidak mau mendengarkan perkataan orang lain. Alasannya berbeda-beda tetapi ngeyel bukan berarti keras kepala. Tetapi jika orang keras kepada sudah pasti orang ngeyelan.

Keyel Dalam Bahasa Jawa


Jika ngeyel merujuk pada seseorang, sedangkan keyel biasanya diucapkan kita kepada orang yang tidak percaya dengan kita. Jadi kita sudah menjelaskan yang sebenarnya tetapi orang tersebut tetap ngeyel, maka biasanya akan dibalas dengan ucapan keyel.

Manut Dalam Bahasa Jawa


Sedangkan manut adalah orang yang selalu nurut dan patuh. Jadi seseorang meminta pendapat dan disuruh mengiyakan orang yang manutan pasti akan mengiyakan walaupun hal tersebut aslinya keliru dan salah.

Ngeyel itu penting apabila pendapat kalian lebih baik tetapi tidak ingin kalian ungkapan. Selain itu orang yang manutan biasanya dicap bagus, tetapi jangan manut untuk hal-hal yang keliru dan salah karena ini tidak baik.

Apakah kalian sering disebut ngeyel? saya yakin pernah. Saya sendiri juga seperti itu, karena ngeyel bisa dikatakan teguh dengan pendirian dan pendapatan pribadi kita. Tidak perlu khawatir jika kalian ngeyel karena ngeyel bukan berarti keras kepala.

Sekian pembahasan dari saya mengenai apa itu keyel, ngeyel, dan manutan. Sebelum saya akhiri jika kalian tidak tau apa yang disebut dengan SBB dan MBB dalam chat atau pesan kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut.


EmoticonEmoticon