Arti Kata Panggah, Panggah Angel, Panggah Semangat, dan Lain Sebagainya

Arti Kata Panggah, Panggah Angel, Panggah Semangat, dan Lain Sebagainya

KEPOINDONESIA.id - Panggah, apakah kalian pernah mendengar istilah tersebut?. Jika kalian tinggal di Jawa atau bahasa sehari-harinya menggunakan Bahasa Jawa apapun itu seharusnya sudah tidak asing dengan istilah Panggah ini.

Contoh penggunaan Panggah seperti ini "Panggah semangat", "Panggah angel", Panggah ruwet", dan lain sebagainya. Ada juga "Panggah ngeyel" yang mungkin lebih sering kalian dengar daripada panggah-panggah yang lainnya.

Apa sebenarnya panggah itu dan apa artinya. Yang jelas panggah merupakan kata dari Bahasa Jawa yang memang sering digunakan oleh orang Jawa. Jika kalian bukan orang Jawa wajar saja jika tidak pernah mendengar ataupun tidak tau artinya.

Supaya kalian semua tau kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa yang disebut dengan kata Panggah. Akan saya jelaskan arti dari Panggah itu sendiri serta saya jelaskan contoh contoh panggah lainnya seperti "Panggah Angel" dan "Panggah Semangat".

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai arti dari panggah kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti apa arti dari kata Bedes yang sering diucapkan orang Jawa serta arti dari kata Otiwi yang populer di Facebook dan Instagram.

Panggah sendiri memiliki banyak pengertian dengan arti yang sama. Nah salah satu pengertian dari kata Panggah ialah tetap atau masih dalam pendiriannya. Sebagai contoh "Panggah semangat" ini memiliki arti tetap semangat.

Selain itu "Panggah angel" artinya tetap angel, "Panggah ruwet" artinya tetap ruwet, dan "Panggah ngeyel" artinya tetap ngeyel. Jadi bisa disimpulkan bahwa Panggal memiliki arti tetap atau masih dengan pendirian yang sama.

Selain Panggah belakangan ini juga viral mengenai kata YTTA, YJJA, YSSA, dan lain sebagainya. Apa sebenarnya YTTA dan yang lainnya? untuk pembahasan tersebut akan saya bahas nanti di artikel mengenai YTTA dan kata yang serupa.

Mungkin yang sama-sama singkatan yaitu TTDJ. Apa kalian sering melihat tulisan TTDJ khususnya di chat grup keluarga?. Jika kalian sering melihatnya dan tidak tau apa yang dimaksud dengan TTDJ kalian bisa baca artikel mengenai arti dari TTDJ.

Sekian penjelasan dari saya mengenai kata Panggah dari Bahasa Jawa yang populer. Sebelum lanjut jika kalian belum tau arti dari Jaman Gawul kalian bisa baca artikel mengenai Jaman Gawul yang populer di Facebook dan YouTube.


EmoticonEmoticon