Pengertian Notasi Balok dan Notasi Angka Dalam Seni Musik

Pengertian Notasi Balok dan Notasi Angka Dalam Seni Musik

KEPOINDONESIA.id - Notasi angka atau yang sering disebut not angka merupakan notasi yang paling sering kita dengar, paling mudah dipelajari, dan paling mudah untuk di hafal. Karena jika dibandingkan dengan notasi balok atau not balok jelas sekali perbedaannya.

Untuk pemula yang baru belajar seni musik notasi angka sangatlah membantu. Saya yakin semua orang bisa asalkan mau mempelajari khususnya menghafal. Sedangkan untuk not balok saya sendiri sulit untuk mempelajari dan menghafalnya.

Keduanya jelas berbeda jadi kali ini saya akan menjelaskan pengertian notasi balok, pengertian notasi angka, dan perbedaan antara keduanya. Dengan begitu kalian akan tau dan tidak akan bingung lagi mengenai not angka dan not balok.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lainnya yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Seperti perbedaan antara quarter past dan half past serta apa yang dimaksud dengan format jam PM dan AM.

Notasi Angka atau Not Angka


Not Angka merupakan notasi yang penulisannya menggunakan simbol-simbol angka mulai dari angka 1 sampai angka 7. Atau jika diurutkan seperti ini 1-2-3-4-5-6-7 dan seperti ini Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si.

                1     2    3     4    5     6    7

                Do  Re  Mi  Fa  Sol  La  Si

Notasi angka pertama kali ditemukan tahun 990-1050 oleh Guido D'Arezzo yang merupakan seorang ahli dalam teori dari Prancis dan menetap lama di Arrezo, Italia. Dalam perkembangannya, notasi angka kurang efektif karena tidak memiliki patokan tinggi nada yang tetap.

Notasi Balok atau Not Balok


Not Balok adalah simbol atau tanda untuk menyatakan tinggi rendahnya nada yang diwujudkan dalam sebuah gambar. Notasi ini disebut juga sebagai notasi mutlak, karena mempunyai patokan tinggi nada yang tetap yaitu (a = 440 Hz).

Dalam notasi balok atau not balik terdiri dari 3 bagian yaitu bendera, tangkai, dan kepala. Selain ketiga bagian tadi ada rincian lainnya yang merincikan bentuk, nilai, nama, dan harga notasi balok.

Untuk notasi balok kalian harus mempelajarinya lebih lanjut karena memang ini sulit dan perlu pemahaman yang lebih lanjut. Sekedar untuk memainkan alat musik kalian bisa menggunakan notasi angka seperti saat memainkan recorder ataupun pianika.

Itu dia pembahasan saya mengenai pengertian dari notasi angka atau not angka dan notasi balok atau notasi balik. Setelah tau pengertiannya secara otomatis kalian akan tau perbedaanya yaitu perbedaannya sangatlah banyak.

Untuk contoh not balok dan not angka bisa kalian cari sendiri dan seperti namanya notasi angka menggunakan simbol angka sedangkan notasi balok menggunakan susunan gambar yang menyerupai balok.

Sekian pembahasan dari saya semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian. Sebelum saya akhiri jika kalian tidak tau apa yang disebut dengan rapat pleno dan apa bedanya dengan rapat biasa kalian bisa baca artikel mengenai pengertian dari rapat pleno.


EmoticonEmoticon