Minggu, 12 Mei 2019

Arti dan Makna Rapat Pleno Secara Umum

Arti dan Makna Rapat Pleno Secara Umum

KEPOINDONESIA.id - Mendengar kata rapat pasti kalian berfikir sekumpulan orang yang sedang berkumpul dan membahas suatu hal yang penting yang tiap anggotanya pasti memiliki kontribusi di rapat tersebut. Namun waktu kalian sekolah dulu mungkin dari SD, SMP, SMK/SMA pasti pernah mendengar Rapat Pleno bukan? Biasanya jika ada rapat pleno semua siswa akan dipulangkan lebih awal.

Karena jika rapat pleno semua guru dari mata pelajaran akan menghadiri rapat tersebut yang biasanya dilaksanakan di kantor atau ruang guru. Namun kalian tahu tidak arti dari rapat pleno ini? Saya sendiri sempat berfikir dari dulu kecil dan sampai kemarin saya mencari referensi soal rapat pleno, dan baru tahu rapat pleno artinya apa.

Namun sebelum itu jika kalian tidak tahu arti dari istilah Thank Me Later, kalian bisa baca arti thank me later terlebih dahulu. Rapat sendiri memiliki definisi sebuah pertemuan organisasi yang resmi dan memiliki tata tertib yang berlaku dan tidak sedikit yang mengikat. Jadi semua keputusan dan hasil akhir dari rapat tersebut tentu juga bersifat mengikat.

Sedangkan rapat pleno adalah rapat yang diadakan oleh pengurus yang diikut oleh seluruh perangkat serta seluruh anggota organisasi yang bersangkutan. Dengan mengumpulkan semua anggota dalam rapat pleno bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi atau keputusan yang sebaik-baiknya.

Tata cara rapat atau perencanaan rapat sendiri mungkin akan berbeda-berbeda, namun ada 3 poin yang harus diperhatikan. 3 poin yang harus diperhatikan dalam perencanaan rapat ialah:

  1. Rencanakan waktu rapat sebaik mungkin, lebih baik dari jauh-jauh hari untuk menentukan waktu luang supaya semua anggota dapat menghadiri rapat yang akan digelar.
  2. Susunan rapat hendaknya dibuat dengan cara menampung usulan-usulan anggota pengurus baik secara resmi atau tidak.
  3. Usulan rapat yang telah dikumpulkan dari para anggota hendaknya ditinjau dan disahkan terlebih dahlu oleh ketua. 

Nah itu dia pengertian atau makna rapat pleno yang sering kalian dengar. Rapat pleno ini saya sampaikan secara umum, jadi inti dari rapat pleno adalah rapat yang dihadiri oleh semua anggota dan pengurus yang bersangkutan. Berbeda dengan rapat biasa yang biasanya dihadiri oleh anggota atau orang yang bersangkutan dan berkepentingan saja.


EmoticonEmoticon