Cara Melewati Pertanyaan Keamanan Saat Reset Password atau Memulihkan Akun

Cara Melewati Pertanyaan Keamanan Saat Reset Password atau Memulihkan Akun

KEPOINDONESIA.id - Pertanyaan keamanan salah satu metode keamanan tambahan supaya keamanan akun lebih kuat. Sebelum era verifikasi menggunakan nomor HP atau verifikasi 2 langkah, pertanyaan keamanan bisa dibilang cukup diandalkan.

Untuk membuat akun yang kalian miliki jauh lebih aman. Tetapi untuk sekarang ini metode ini sudah banyak ditinggalkan karena sudah ada metode keamanan yang lebih kuat dan lebih praktis.

Tetapi masih ada beberapa akun yang menggunakan pertanyaan keamanan sebagai metode tambahan. Apa bisa melewati pertanyaan keamanan tanpa tau jawabannya? untuk tau kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Saya akan membahas mengenai apa itu pertanyaan keamanan, apa saja pertanyaan yang biasa digunakan, serta apakah pertanyaan bisa dilewati begitu saja. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti cara mengatasi kesalahan C99 di Lazada karena aktivitas tidak wajar serta cara membuka dan mengembalikan akun Instagram yang diragukan. Berikut pembahasan mengenai pertanyaan yang mungkin kalian belum ketahui.

Apa Itu Pertanyaan Keamanan atau Security Question


Ini merupakan fitur yang menggunakan pertanyaan yang disediakan serta jawaban yang sudah ditentukan oleh pengguna. Sesuai namanya, pertanyaan keamanan biasanya jawabannya hanya diketahui oleh orang yang mengaktifkan pertanyaan tersebut.

Sebagai contoh kalian bertemu dengan teman lama, untuk memastikan bahwa orang tersebut adalah seseorang yang pernah kalian kenal maka biasanya kita akan mengajukan pertanyaan yang kita berdua ketahui. Apabila bisa menjawab maka orang tersebut memang lah kenalan kita.

Pertanyaan Yang Biasanya Digunakan Untuk Pertanyaan Keamanan


Masing-masing penyedia layanan atau platform pasti membuat pertanyaan tersendiri walaupun terkadang tetap menggunakan pertanyaan yang umum digunakan. Berikut beberapa pertanyaan yang umum digunakan sebagai pertanyaan keamanan atau security question.

  • Dimana tempat Anda Lahir
  • Siapa nama Ibumu?
  • Hewan peliharaan pertama
  • Siapa nama ketua kelas saat Anda SMP?
  • Makanan favorit saya
  • Nama guru terbaik semasa Anda sekolah

Dan masih banyak yang lainnya. Supaya lebih aman, jawabannya bisa kalian ubah dan jangan disesuaikan dengan pertanyaannya. Ini dilakukan sebagai pengecoh dan kalian wajib tau jawaban asli dari pertanyaan tersebut.

Cara Melewati Pertanyaan Keamanan Jika Lupa Jawabannya


Sama halnya dengan verifikasi 2 faktor, jika kalian lupa jawaban dari pertanyaan keamanan bisa disimpulkan kalian tidak bisa melanjutkan proses login, proses reset kata sandi, ataupun proses mengembalikan akun.

Jadi pertanyaan keamanan juga penting dan wajib kalian ingat jika kalian sudah mengaktifkannya. Selain itu jangan sampai keliru mengetik karena kemungkinan jika keliru satu karakter saja dianggap jawabannya salah.

Masih ada metode keamanan lainnya yang lebih baik selain pertanyaan keamanan. Seperti Facebook, TikTok, dan Google menggunakan nomor HP dan email sebagai penerima kode verifikasi setiap login supaya akun lebih aman.

Sekian pembahasan dari saya, apabila kalian gampang lupa jawabannya kalian bisa ubah pertanyaan keamanan dengan jawaban yang mudah kalian ingat. Kode OTP Shopee yang kalian terima tidak bisa digunakan? kalian bisa baca artikel mengenai kode verifikasi dari Shopee yang tidak berlaku.


EmoticonEmoticon