Cara Mengatasi Baterai Laptop Acer Yang Berhenti di 80% dan Tidak Mau Penuh Saat Dicas

Cara Mengatasi Baterai Laptop Acer Yang Berhenti di 80% dan Tidak Mau Penuh Saat Dicas

KEPOINDONESIA.id - Kalian memiliki laptop atau notebook dari Acer dan bingung kenapa saat ingin di charger baterainya tidak mau penuh atau 100% dan selalu tertahan di 80% terus. Apakah laptop atau notebook yang kalian miliki rusak?.

Tentu saja tidak, khususnya laptop atau notebook baru. Untuk laptop yang sudah dipakai beberapa tahun mungkin bisa saja karena baterainya rusak. Tetapi jangan langsung ambil spekulasi seperti itu terlebih dahulu.

Silakan baca artikel kali ini terlebih dahulu untuk mengetahui jawabannya. Akan saya bahas kenapa baterai notebook atau laptop Acer selalu bertahan di 80% dan tidak mau penuh atau full seperti laptop pada umumnya.

Namun sebelum saya lanjutkan kalian bisa baca pembahasan menarik lainnya yang sebelumnya sudah pernah saya bahas. Seperti kenapa saat mengisi daya laptop terkadang prosesnya lama dan kadang cepat serta solusi mengatasi baterai HP yang tidak mau penuh ketika di charging.

Penyebab Baterai Berhenti di 80% di Notebook atau Laptop Acer


Penyebabnya yaitu karena fitur Battery Charge Limit yang merupakan fitur spesial di Acer. Mungkin bisa disamakan dengan pengisian daya optimal yang ada di iOS pada perangkat iPhone yang arus listriknya akan berkurang setelah 80%.

Hanya saja di iOS persentase baterai akan bertambah sampai 100% tetapi lama. Sedangkan fitur Battery Charge Limit ini benar-benar menghentikan pengisian daya jika persentase baterai sudah 80%. Dengan membatasi di 80% baterai akan jauh lebih awet dan jauh dari kata kelebihan listrik.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Fitur Pembatasan Pengisian Daya 80% di Acer


Cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya sangatlah mudah. Langkah pertama kalian bisa akses Care Center lewat pencarian Windows jika kalian tidak menemukannya di taskbar. Setelah masuk ke Acer Care Center silakan kalian pilih menu Checkup dan tekan tanda panah di bagian Battery health.

Akan tampil opsi untuk mengaktifkan fitur Battery Charge Limit. Silakan jika ingin kalian aktifkan geser tombolnya menjadi On dan jika ingin kalian nonaktifkan silakan geser menjadi Off. Bisa kalian aktifkan jika laptop atau notebook Acer yang kalian miliki sering kalian gunakan sambil dicolokan ke listrik.

Karena ini fitur bisa aja sedikit error alias tidak selalu tepat 80%. Bisa kurang seperti hanya sampai 78% atau 79% dan bisa lebih di angka 81% atau di angka 82%. Karena fitur bawaan kalian tidak perlu cemas nantinya fitur ini bisa mempengaruhi baterai secara langsung.

Bisa disesuaikan saja seperti penghemat baterai. Jadi jika tidak perlu di hemat fitur penghemat baterai tidak perlu diaktifkan. Karena sistem akan bingung jika fitur ini selalu aktif dan tidak akan bisa membedakan kapan waktu perlu menghemat karena sebelumnya fitur ini aktif terus.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas mengenai baterai laptop atau notebook dari Acer yang berhenti di 80% saat di isi daya. Sebelum saya akhiri jika kalian menemukan peringatan ubah pengisian daya kalian bisa baca artikel mengenai cara menghilangkan peringatan tersebut.


EmoticonEmoticon