Cara Mengatasi SIM Tidak Provisioning Yang Membuat Sinyal Tidak Muncul

Cara Mengatasi SIM Tidak Provisioning Yang Membuat Sinyal Tidak Muncul

KEPOINDONESIA.id - Kendala SIM tidak provisioning mungkin jarang kalian temui dan yang mungkin sering kalian temui yaitu kendala SIM tidak tersedia. Saya sendiri untuk kasus SIM tidak provisioning juga belum pernah mengalaminya.

Tetapi untuk SIM tidak tersedia saya pernah mengalaminya satu kali. Sedangkan kendala lainnya yang ada hubungannya dengan kartu SIM atau SIM Card sudah saya alami beberapa kali. Nah untuk kali ini saya akan membahas mengenai apa itu SIM tidak provisioning.

Selain saya jelaskan mengenai apa itu SIM tidak provisioning saya juga akan membahas mengenai cara mengatasi masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya supaya pembahasan tidak terlalu panjang langsung saja saya bahas.

Jadi yang akan saya bahas yaitu SIM tidak provisioning dan bukan yang lain. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kenapa SIM2 tidak bisa mengaktifkan VoLTE serta cara mengatasi tidak dapat mengaktivasi penentuan SMS di HP Xiaomi.

Apa Itu SIM Tidak Provisioning atau Tidak Tersedia?


Bisa dikatakan SIM tidak provisioning atau SIM tidak tersedia artinya kartu SIM yang kalian miliki tidak bisa terhubung ke jaringan seluler. Karena tidak dapat terhubung ke jaringan seluler maka nomor pada kartu SIM tersebut tidak dapat digunakan.

Apa SIM tidak tersedia atau SIM tidak provisioning artinya nomor sudah tidak aktif? tentu saja tidak. Jika sudah tidak aktif tidak akan muncul notifikasi tersebut. Munculnya notifikasi karena SIM masih aktif tetapi tidak  dapat terhubung ke jaringan seluler.

Cara Mengatasi SIM Tidak Tersedia atau Tidak Provisioning


Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah SIM yang tidak provisioning dan tidak tersedia. Berikut beberapa cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Reboot Perangkat
, Yang pertama kalian bisa reboot atau mulai ulang HP yang kalian miliki. Cara ini wajib dilakukan karena biasanya dengan reboot atau mulai ulang masalah langsung bisa teratasi.

Aktifkan Mode Penerbangam, Atau kalian bisa coba aktifkan mode pesawat dan matikan kembali sebelum mencoba reboot HP yang kalian miliki. Ini dilakukan supaya kartu SIM bisa mendeteksi dan terhubung dengan jaringan seluler.

Pasang di Slot Lainnya, Apabila HP kalian dual SIM kalian bisa pasang yang awalnya di SIM1 bisa kalian pasang di SIM2. Dan sebaliknya jika awalnya di SIM2 bisa kalian pasang di SIM1.

Pasang di HP Lain, Ternyata dengan memindah slot SIM belum berhasil kalian coba di HP lain untuk memastikan kartu SIM yang kalian miliki tidak rusak. Jika memang di HP lain tetap masih tidak provisioning bisa disimpulkan kartu SIM sudah rusak dan bisa kalian ganti di gerai operator masing-masing.

Apa Peringatan SIM Tidak Provisioning Bisa Muncul Kembali?


Tergantung dari penyebabnya, tetapi dari yang saya ketahui 99% tidak akan kalian alami lagi. Khususnya jika hanya error atau kalian sudah ganti kartu SIM yang baru dengan nomor yang lama karena kartu SIM yang sebelumnya fisiknya sudah rusak.

Walaupun jarang yang mengalami kasus SIM tidak tersedia atau tidak provisioning tetapi kalian wajib baca artikel ini. Khususnya jika kalian tidak sengaja menemukan pembahasan saya padahal pembahasan yang kalian cari berbeda.

Masalah utamanya yaitu notifikasi atau peringatan dari masing-masing HP berbeda. Seperti halnya masuk ke jaringan dan login ke jaringan, walaupun berbeda di kata masuk dan login tetapi tetap saja berbeda.

Itu saja yang bisa saya bahas dan jelaskan. Sebelum saya akhiri jika kalian mengalami slot kartu SIM bermasalah seperti membuat kartu SIM menjadi tidak terdeteksi kalian bisa baca artikel mengenai cara memperbaiki slot SIM yang bermasalah dan atau sudah minta diperbaiki.


EmoticonEmoticon