Cara Mengatasi Slot Kartu SIM Yang Bermasalah

Cara Mengatasi Slot Kartu SIM Yang Bermasalah

KEPOINDONESIA.id - Slot SIM yang bermasalah bisa membuat kartu SIM yang kalian tambahkan tidak terdeteksi. Apabila tidak terdeteksi maka kalian tidak akan bisa menggunakan kartu SIM tersebut. Mulai dari untuk SMS, Telepon, ataupun internetan.

Sama halnya dengan slot Kartu SD, slot kartu SIM juga sering bermasalah. Tetapi dari pengalaman saya slot SIM Card jarang sekali bermasalah tidak seperti slot SD Card. Yang jelas jika bermasalah kartu yang ditambahkan tidak akan terbaca dan terdeteksi.

Jika sudah seperti itu bagaimana solusi dan cara mengatasinya?. Untuk cara mengatasi atau memperbaikinya tergantung dari penyebabnya. Ada 2 kemungkinan besar yang menjadi faktor penyebab utamanya.

Yang pertama yaitu slot tray kartu SIM dan yang kedua kartu SIM itu sendiri. Untuk tau bagaimana mengatasi permasalahan tersebut kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Akan saya bahas solusi mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca saat dimasukkan ke HP.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti solusi SIM tidak sah di perangkat iPhone serta kenapa eSIM dari Smartfren tidak ada layanan ketika diaktifkan dan ingin digunakan.

Cek Kondisi Kartu SIM Terlebih Dahulu, Yang pertama kalian bisa cek kondisi kartu SIM atau SIM Card nya terlebih dahulu. Khususnya pada bagian kuningan apakah rusak atau tidak. Jika dipasangkan di HP lain terbaca bisa disimpulkan kartu SIM tidak bermasalah sama sekali.

Cek Konektor dan SIM Tray, Berikutnya kalian bisa cek konektor kartu SIM dan SIM tray nya. Pastikan tidak ada kerusakan, bengkok, atau ada bagian kecil yang patah yang bisa menyebabkan kartu SIM tidak terbaca.

Bersihkan Lubang Slot Kartu SIM
, Berikutnya kalian bisa bersihkan lubang slot kartu SIM dari debut dan kotoran. Cukup bersihkan dengan cara ditiup atau dengan katembat jika kalian memilikinya yang sedikit di modifikasi supaya masuk ke lubang.

Modul Sinyal Rusak, Apabila kartu SIM tidak bermasalah dan slot SIM bisa saja karena modul sinyal yang berupa hardware rusak. Jika sudah rusak perlu diperbaiki atau wajib diganti karena sudah tidak bisa digunakan.

IMEI di Blokir, Selain kerusakan pada modul sinyal penyebab lainnya juga bisa terjadi karena IMEI di blokir. Walaupun seharusnya kartu SIM terbaca apabila IMEI diblokir maka sinyal tidak akan muncul sama seperti ketika mode sinyal rusak.

Saran dari saya kalian lakukan dari awal yaitu memastikan bahwa kartu SIM tidak bermasalah dan jangan berasumsi bahwa slot SIM yang rusak terlebih dahulu. Karena biasanya masalah sederhana karena ketidaktahuan menjadi masalah yang rumit.

Kuncinya kalian jangan panik dan lakukan pengetesan dan pengujian secara bertahap. Apabila positif modul sinyal yang rusak maka tidak ada cara lain selain memperbaikinya apabila bisa atau wajib diganti jika memang diperlukan.

Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri mungkin kalian perlu tau apa yang dimaksud dengan wifi only. Wifi only secara umum sering digunakan untuk menyebut perangkat Tab walaupun pada HP yang rusak juga ada istilah wifi only.


EmoticonEmoticon