3 Cara Mengakses Folder Data dan OBB di Android Yang Tidak Bisa Diakses

3 Cara Mengakses Folder Data dan OBB di Android Yang Tidak Bisa Diakses

KEPOINDONESIA.id - Folder OBB adalah folder yang menyimpan file OBB atau data OBB. Untuk pembahasan mengenai data OBB atau file OBB sudah pernah saya bahas sebelumnya. Tetapi mungkin akan saya jelaskan sedikit supaya kalian tau.

Singkatnya file atau data OBB adalah data tambahan yang diperlukan oleh aplikasi supaya ukuran aplikasi tidak terlalu besar. Tidak semua pengembang menerapkan cara ini tetapi yang menerapkan juga banyak.

File OBB sudah pasti tersimpan di folder Android. Hanya saja bisa di penyimpanan internal atau penyimpanan eksternal. Bisa diakses dengan mudah dan bisa sedikit sulit tergantung HP Android yang kalian miliki.

Karena memang di beberapa HP Android terbaru ada batasan saat mengakses folder OBB ini. Untuk itu kali ini saya akan membahas mengenai cara mengakses folder OBB walaupun ada batasan saat ingin mengaksesnya.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa fungsi dari file .nomedia yang ada di folder DCIM dan Pictures serta cara mengembalikan file OBB yang hilang se cara tiba-tiba.

Akses Lewat File Manager


Yang pertama kalian bisa akses lewat File Manager karena memang di beberapa HP Android File Manager masih memiliki akses ke folder OBB termasuk untuk mengakses folder tersembunyi aplikasi WhatsApp yang ada di folder Android. Apabila tidak berhasil kalian bisa coba langkah berikutnya.

Akses Lewat File Manager Pihak Ketika


Ada banyak aplikasi file manager yang bisa kalian gunakan mulai dari EX Manajer, ZArchiver, Cx File Explorer, X-plore File Manager, dan masih banyak yang lainnya. Yang biasa saya gunakan yaitu ZArchiver yang bisa mengakses file dan folder tanpa batasan dan tanpa akses root sama sekali.

Akses Lewat Perangkat Desktop Windows


Apabila masih tidak berhasil kalian bisa coba dengan menghubungkan HP Android yang kalian miliki ke PC atau laptop Windows. Setelah berhasil terhubung kalian bisa dengan bebas mengakses folder yang ada di penyimpanan internet ataupun di kartu SD jika memang ada.

Semakin tinggi versi Android keamanan di sistem operasi Android semakin ketat. Oleh karena itu untuk mengakses folder OBB saja kini sangat sulit tidak seperti dulu. Selain itu rekam layar juga terkadang tidak bisa merekam suara alias hanya gambar saja.

Apa pembatasan di folder bisa dihilangkan? bisa dihilangkan hanya dengan cara root. Apabila HP kalian tidak root kalian tidak dapat menghilangkannya tetapi masih bisa mengakses dengan cara lain yang memang tidak dibatasi.

Sekian pembahasan dari saya mengenai cara akses data OBB dan folder OBB yang dibatasi. Sebelum saya akhiri jika kalian belum tau apa itu storage/emulated/0 kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon