Fungsi File .nomedia di Android dan Bagaimana Jika Dihapus

Fungsi File .nomedia di Android dan Bagaimana Jika Dihapus

KEPOINDONESIA.id - Di folder DCIM kalian bisa menemukan file .thumbnail yang memiliki size yang cukup besar. Semua perangkat Android pasti memiliki file tersebut di dalam folder DCIM, jika tidak ada kemungkinan sudah dihapus.

File .thumbnail berisi beberapa foto dan gambar berukuran kecil yang pernah ada di perangkat kalian. Walaupun gambar dan foto aslinya sudah dihapus akan tetapi thumbnail akan tetap tersimpan di .thumbnail.

Selain .thumbnail yang ada di folder DCIM ada file lainnya yang pasti sering kalian temui yaitu file .nomedia. NOMEDIA atau .nomedia biasanya ada di beberapa folder khusus seperti folder aplikasi dan folder hasil ekstrak.

Tidak seperti file .thumbnail yang hanya ada satu yaitu di folder DCIM, .nomedia bisa berada di mana saja dan dapat kalian buat sendiri. Nah sebelum membuatnya kalian harus tau terlebih dahulu mengenai apa itu NOMEDIA.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan file .nomedia. Selain itu saya juga akan membahas bagaimana jika file .nomedia dihapus, apakah berbahaya??

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara backup aplikasi supaya menjadi .apk serta cara mengirim file lewat aplikasi Telegram.

Apa itu .nomedia?


Singkatnya file .nomedia berfungsi untuk mencegah file multimedia seperti foto, gambar, hingga .gif tampil di galeri. Seperti namanya NOMEDIA atau No Media yang memiliki arti tidak ada media.

Jika suatu folder ditambah file .nomedia maka semua file multimedia yang ada di folder tadi tidak akan tampil di galeri. Ini sangat membantu karena jika tidak ada file .nomedia semua gambar tidak penting akan muncul semua di galeri.

Umumnya file NOMEDIA akan terbuat sendiri di beberapa folder khusus seperti di folder aplikasi. Tetapi jika kalian ingin menyembunyikan foto supaya tidak muncul di galeri kalian bisa menggunakan cara ini.


Apakah Bahaya Menghapus File .nomedia?


Menghapus file .nomedia bisa dilakukan dengan mudah. Namun jika tidak tampil kemungkinan File Manager yang kalian gunakan tidak menampilkan aplikasi tersembunyi dan harus kalian tampilkan terlebih dahulu.

Menghapus file .nomedia tidak berbahaya dan bisa kalian lakukan dengan aman. Hanya saja kalian harus siap dengan beberapa gambar tidak penting yang akan muncul di galeri perangkat kalian.

Nah itu dia penjelasan saya mengenai NOMEDIA atau file .nomedia. Saya rasa kalian tidak usah menghapus file .nomedia karena ukurannya sangatlah kecil. Berbeda dengan file .thumbnail yang ukurannya bisa sangat besar.

Sebelum saya akhiri mungkin kalian perlu tau juga tentang data OBB. Data OBB adalah data pelengkap yang biasanya ada di beberapa aplikasi dan game. Untuk melihat data OBB kalian bisa melihatnya di folder Android.


EmoticonEmoticon