Mengenal Storage/Emulated/0 di Penyimpanan Perangkat Android

Mengenal Storage/Emulated/0 di Penyimpanan Perangkat Android

KEPOINDONESIA.id - Taukah kalian yang disebut penyimpanan internal, penyimpanan telepon, atau penyimpanan sistem? saya kira kalian sudah tau. Ketiga hal tersebut memiliki arti yang sama yaitu penyimpanan yang tersemat langsung di perangkat Android yang kalian miliki.

Tidak bisa dilepas, ditambah, ataupun diganti begitu saja. Untuk sekarang ini sebutan yang paling umum ialah Penyimpanan Internal. Padahal dulu sebutannya banyak seperti yang sudah saya sebutkan diatas, beda merek HP biasanya beda sebutan.

Bagaimana dengan storage/emulated/0 atau lebih tepatnya emulated/0? saya yakin kalian pernah melihat keterangan tersebut. Di aplikasi File Manager bawaan memang tidak akan tertulis seperti itu, tetapi jika kalian menggunakan aplikasi seperti ZArchiver kalian akan melihatnya.

Apa sebenarnya emulated ini dan apa bedanya dengan SD Card?, untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara melihat status WhatsApp tanpa melihatnya lewat File Manager serta apa itu yang disebut dengan data atau file OBB yang biasanya dibutuhkan oleh game.

Apa Itu Storage/Emulated/0?


Bisa dikatakan storage/emulated/0 merupakan nama lengkap dari direktori root tempat dimana kalian bisa mengakses semua file di file explorer pada sistem operasi Android. Dan keterangan emulated/0 merujuk pada penyimpanan perangkat atau yang kini dikenal penyimpanan internal.

Apa bila kalian menggunakan aplikasi pengelola file dari pihak ketiga seperti ZArchiver dan ES File Explorer maka yang tampil yaitu storage/emulated/0 dan storage/0403-0201 'angkanya bisa berbeda' dan ini merupakan Kartu SD.

Apa Namanya Bisa Diubah?


Diubah seperti apa, seperti memberi nama pada disk pada Flashdisk dan Kartu SD seperti yang  dulu sering kita lakukan? saya kira tidak bisa. Bagi yang tidak paham pasti akan kebingungan, yang jelaskan jika kalian menggunakan pengelola file bawaan kalian tidak akan menemukan keterangan seperti ini.

Banyak pertanyaan mengenai lokasi dari direktori emulated ini. Saya ambil contoh storage/emulated/0/download dan storage/emulated/0/android/obb. Untuk storage/emulated/0/download sama seperti  Penyimpanan Internal>Download.

Sedangkan storage/emulated/0/android/obb sama dengan Penyimpanan Internal>Android>OBB. Supaya mudah emulated/0 merupakan penyimpanan internal sedangkan yang berupa angka seperti 0403-0201 merupakan kartu SD.

Cukup sekian pembahasan kali ingin mengenai emulated/0 yang ada di perangkat Android. Sebelum saya akhiri apabila kalian ingin membuat aplikasi terinstall menjadi file .APK supaya bisa disimpan kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon