Mengenal Data OBB Aplikasi dan Game di Android

Mengenal Data OBB Aplikasi dan Game di Android

KEPOINDONESIA.id - Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan data dan obb pada game atau aplikasi yang kalian install tidak dari Play Store. Di perangkat Android kalian akan menemui file ini karena folder data dan obb adalah folder default Android.

Bagi kalian yang sering menginstall aplikasi tidak dari Play Store seperti Game HD atau aplikasi semacam Maps Offline kalian memerlukan yang namanya file obb. Tanpa file obb aplikasi dan game tidak akan bisa dijalankan.

Lalu apasih yang dinamakan obb itu? atau yang sering disebut dengan data obb?. Karena aplikasi yang membutuhkan obb tidak akan berjalan jika tidak ada data obb pada folder aplikasi.

Untuk tau lebih jelas mengenai file obb kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena obb adalah data pelengkap supaya aplikasi dapat berfungsi seperti yang seharusnya. Tanpa adanya obb aplikasi tersebut tidak akan berguna.

Langsung saja kalian simak penjelasan tentang data obb di Android. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang mungkin bermanfaat bagi kalian. Seperti cara menghilangkan getar di keyboard serta solusi koneksi wifi di sekolah lemot atau lamban.

Apa itu Obb? Obb adalah format file atau data yang digunakan banyak pengembang game. Selain pengembang game, pengembang atau developer aplikasi semacam peta menggunakan data obb juga.

Penggunaan data Obb berfungsi supaya aplikasi memiliki ukuran yang lebih kecil dan mudah dikembangkan. Sedangkan file musik, video, dan file pendukung lainnya disimpan di Obb. Jadi jika aplikasi menggunakan Obb tapi tidak ada file Obb pada folder aplikasi maka aplikasi tidak bisa dijalankan.

Penyimpanan file Obb bisa dilakukan secara otomatis atau manual. Jika kalian mengunduh aplikasi dan game bukan dari Play Store sudah dipastikan kalian perlu menambahkan file Obb ke Memori Internal>Android>obb.

Tetapi tidak semua aplikasi membutuhkan data obb. Hanya beberapa aplikasi yang memerlukan data obb dikarenakan data-data aplikasi memang sangat besar. Karena tidak mungkin data akan digabungkan dengan aplikasi.

Apa yang terjadi jika data obb terhapus? Sama seperti salah menambahkan data obb yang akan terjadi aplikasi atau game tidak akan berjalan. Oleh karena itu jangan coba-coba menghapus data aplikasi atau game terkait sebelum memindahkan data obb ke folder yang lebih aman.


EmoticonEmoticon