Arti KB/d dan KB/s di Indikator Kecepatan Internet

Arti KB/d dan KB/s di Indikator Kecepatan Internet

KEPOINDONESIA.id - Di HP Android kalian mungkin ada fitur kecepatan internet yang bisa di tampilan di status bar. Fitur menampilkan kecepatan internet di beberapa HP Android merupakan fitur bawaan jadi bisa kalian aktifkan di pengaturan.

Tetapi untuk di Samsung belum tersedia jadi jika kalian ingin menampilkan kecepatan internet kalian bisa install aplikasi pihak ketiga di Play Store. Tetapi bukan itu yang akan saya bahas kali ini melainkan mengenai KB/s dan KB/d.

Akan saya bahas juga kecepatan KB/s atau KB/d seberapa cepat dan apa perbedaan KB/s dan Kb/s. Walaupun terlihat sama Kb/s berbeda dengan KB/s. Namun sebelum saya lanjutkan kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti kuota 100MB cukup untuk berapa hari serta jika kecepatan internet di Windows error alias tidak berjalan kalian bisa baca artikel mengenai NetSpeedMonitor yang bermasalah. Khususnya jika kalian menggunakan aplikasi kecepatan NetSpeedMonitor tersebut.

Apa Itu KB/s dan KB/d


Keduanya sama saja hanya beda pada s dan d. S memiliki arti Second dan D memiliki arti Detik. Antara Second dan Detik sama saja karena memang Second dalam bahasa Inggris sedangkan Detik dalam Bahasa Indonesia.

KB/s sama dengan KB/Second dan KB/d sama dengan KB/Detik. Seberapa cepat? untuk tau seberapa cepatnya kalian bisa baca di akhir nanti karena akan saya bahas mengenai kecepatan 1MB/s berapa KB/s atau KB/d.

Perbedaan Kb/d dan KB/d


Jadi Kb/s adalah Kilo bit per second sedangkan KB/s Kilo Byte per second. Sama halnya pembahasan MBps dan MBps yang sudah pernah saya bahas. Jadi MBps serupa dengan KBps dan Mbps serupa dengan Kbps.

Jadi 128 Kbps sama dengan 16 KBps dan 128 KBps sama dengan 1024 Kbps. Tidak perlu kalian hitung untuk KBps dan Kbps karena ini terlalu kecil. Lebih baik kalian ketahui yang MB/s dan Mb/s yang sudah saya bahas sebelumnya.

1 MB/s Berapa KB/s?


Mudah saja, 1 MB/s atau MBps sama dengan 1024 KBps atau KB/s. Bisa dikatakan kecepatan 0.5 MBps sekitar 500 KBps. Ini kecepatan real yang sama seperti ukuran sebuah file, jadi bukan kecepatan promosi seperti Mbps dan Kbps.

Untuk memudahkan pengguna kecepatan internet menggunakan satuan KBps atau KB/s dan bukan MBps atau MB/s. Keduanya sama hanya saja untuk memudahkan. 0.5 MBps sama dengan 500 KBps atau sudah cukup kencang.

Apa terlihat rumit? tentu saja. Oleh karena itu kalian cukup tau saja yang jelas MBps dan Mbps berbeda serta KBps dan Kbps berbeda. Selain itu MBps dan KBps serupa serta Mbps dan Kbps juga serupa.

Huruf "b kecil" artinya bit sedangkan huruf "B besar" artinya Byte. Perbedaan pada itu saja. Kalian harus jeli dan jangan sampai keliru. Jika tertulis 100 Mbps maka kecepatan aslinya hanya sekitar 12,5 MBps saja.

Sekian pembahasan dari saya mengenai arti KB/d dan KB/s yang biasa digunakan dalam kecepatan internet. Sebelum saya akhiri kalian perlu tau perbedaan antara GPRS dan EDGE, walaupun sudah jarang kita temui setidaknya kalian tau karena ini sangat populer pada masanya sebelum era 4G dan 5G.


EmoticonEmoticon