Mengenal Lebih Jelas Tentang Perbedaan 1 MBps dan 1 Mbps

Mengenal Lebih Jelas Tentang Perbedaan 1 MBps dan 1 Mbps

KEPOINDONESIA.id - Pasti kalian pernah melihat kecepatan internet up to 10 Mbps pada brosur yang dibagikan oleh penyedia layanan wifi. Atau kalian melihat satuan Mbps (menggunakan huruf b kecil) di menu Wifi saat ingin terhubung ke jaringan Wifi.

Selain Mbps, ada juga MBps yang biasanya digunakan pada aplikasi kecepatan internet yang ada di HP ataupun di Komputer. Berbeda dengan Mbps, MBps (menggunakan huruf B besar) lebih real kecepatan yang kita dapatkan.

Karena masih banyak orang yang tidak tau perbedaan antara Mbps dan MBps, banyak kasus pelanggan provider Wifi tidak mendapatkan kecepatan internet sesuai harapan mereka. Walaupun kecepatan internet 10 Mbps tetapi nyatanya kecepatan internet tersebut lemot.

Maka dari itu kali ini saya akan sedikit menjelaskan perbedaan antara satuan kecepatan MBps dan Mbps. Supaya kalian tidak terkecoh dengan kecepatan Wifi 2 Mbps, 10 Mbps, atau 20 Mbps yang nyatanya lemot.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan Wifi berbayar serta solusi tidak dapat login ke akun Google karena tidak bisa terhubung ke server.

MBps (Huruf B besar)


Yang pertama akan saya bahas yaitu MBps. MBps singkatan dari Mega Byte per second yang merupakan pengukuran kecepatan internet menggunakan satuan Byte. Selain digunakan untuk pengukuran kecepatan internet Byte juga digunakan sebagai satuan ukuran dari suatu file dan folder seperti MB dan GB.

Lalu berapa kecepatan asli dari 1 MBps? jawabannya yaitu 1000 KB/s, ini adalah kecepatan internet asli baik dalam satuan MBps atau KBps. Jika menggunakan Byte bisa dikatakan sebagai kecepatan asli.

Jika kalian mengunduh file dengan ukuran 10 MB dengan kecepatan internet stabil di 1 MBps atau 1000 KBps kalian bisa mengunduh file tersebut dalam waktu 10 detik saja.

Mbps (Huruf b kecil)


Berikutnya yaitu Mbps. Mbps singkatan dari Mega bit per second yang merupakan satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik menggunakan satuan bit. Bit jarang digunakan untuk patokan ukuran file atau folder kecuali pada aplikasi tingkat lanjut yang membutuhkan akses root seperti Root Explorer.

Berapa kecepatan asli dari 1 Mbps? apakah sama dengan 1MBps? jelas sangat jauh bedanya. Oleh karena itu banyak orang yang terkecoh dan mengeluh kenapa kecepatan 1 Mbps sangat lambat sekali.

Sebelumnya kalian harus tau bahwa 1 Byte = 8 bit. Oleh karena itu kalian harus membagi kecepatan asli dengan angka 8. Sebagai contoh 1000/8 : 125. Maka dapat saya simpulkan 1 Mbps = 125 KBps, sedangkan 1 MBps = 1000 KBps.

Nah itu dia penjelasan saya mengenai perbedaan kecepatan internet MBps dan Mbps. Intinya jika kalian ingin memasang Wifi di rumah kalian dan pada brosur kecepatan internet tertulis dengan satuan Mbps bukan MBps, kalian bisa menambah angka 000 lalu dibagi angka 8.

Sebagai contoh 10 Mbps (10.000/8 : 1.250 KBps setara dengan 1 MBps lebih 250 KBps). Selain itu bagi kalian yang tidak tau arti RTO, kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas mengenai apa yang dimaksud dengan jaringan RTO.


EmoticonEmoticon