Alasan Kenapa XMAX Tidak Kuat Menanjak Padahal 250cc

Alasan Kenapa XMAX Tidak Kuat Menanjak Padahal 250cc

KEPOINDONESIA.id - Bagi kalian pecinta motor Maxi jika ada uang lebih kalian bisa beli yang namanya Yamaha Xmax. Xmax tentu lebih unggul daripada Nmax, baik dari cc, fitur, berat, hingga harganya. Karena memang harga Xmax ini setara dengan motor sport 250cc pada umumnya.

Dari segi desain dan tampilan Xmax bisa dikatakan ganteng dan sangat ganteng. Cocok bagi kaum muda maupun orang tau yang lebih mengutamakan desain. Dari kualitas tentu saja seperti motor premium Yamaha lainnya alias lebih unggul.

Xmax yang menggunakan sistem transmisi matik banyak dipertanyakan saat melewati jalan yang menanjak. Karena banyak isu bahwa ditanjakan Xmax kalah dengan Nmax yang menggunakan cc dibawahnya alias hanya 150cc.

Bukan tanpa alasan Xmax kalah, karena motor serupa seperti Honda Forza juga memiliki kekurangan yang sama. Apa kekurangan motor matik Maxi 250cc ini? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Akan saya bahas supaya kalian yang baru ingin beli atau yang sudah memiliki tau alasan kenapa Xmax sedikit kesulitan di jalur tanjakan. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengatasi kick starter yang ngelos serta cara mengatasi motor yang berat supaya enteng.

Alasan Yamaha Xmax Kurang Bertenaga di Tanjakan


Sebenarnya bukan kurang bertenaga, karena mesin yang digunakan sudah 250cc VVA. Alasan Yamaha Xmax dan motor Maxi 250cc lainnya kurang bisa diandalkan di tanjakan yaitu karena bobotnya sangat-sangatlah berat sekali.

Xmax sendiri beratnya bisa sampai 180 kg dalam keadaan tidak dinaiki dengan kapasitas tangki sebesar 13 liter. Jika dibandingkan dengan Nmax yang tidak sampai 130 kg sangat jauh sekali dan selisihnya sekitar 50 kg.

Apa mesin dengan cc 250 tidak kuat membawa Xmax menanjak? masalah sebenarnya pada transmisi yang digunakan yaitu CVT. Jadi saat nanjak karena sudah terlalu berat semua tenaga hilang dibagian CVT karena terlalu banyak gesekan yang tidak menghasilkan tenaga.

Cara Menanjak Dengan Yamaha Xmax


Setidaknya ada 2 cara yang bisa kalian gunakan. Yang pertama tidak mengaktifkan mode ABS dan terus gas sebelum sampai ke tanjakan. Ini dilakukan supaya torsi sudah ada sejak bawah jadi jika sudah diatas mesin tidak terlalu berat.

Sedangkan cara yang kedua jika berboncengan dan tanjakan tidak memungkinkan lebih baik yang membonceng disuruh turun saja. Tidak apa-apa jalan sedikit yang penting kita selamat, motor aman, dan bisa melanjutkan perjalanan.

Kesimpulannya bukan karena 250cc tidak kuat dan bukan karena CVT membuat Xmax tidak kuat menanjak. Masalah utamanya yaitu pada bobot Xmax sendiri yang dari lahir sudah sangat berat dan bongsor sekali.

Padahal hanya menambah 100cc saja jika dibandingkan dengan Nmax, tetapi beratnya bertambah hingga 50 kg. Apalagi jika boncengan maka berat totalnya bisa lebih dari 350 kg yang ini termasuk sangat berat.

Apakah Xmax boros? tidak boros tetapi wajar untuk mesin 250cc. Sekian pembahasan dari saya mengenai Yamaha Xmax yang kurang mantap di tanjakan. Sebelum saya akhiri jika kalian mengalami spakbor belakang miring kalian bisa baca artikel mengenai cara memperbaiki spakbor supaya tidak miring.


EmoticonEmoticon