5 Solusi Mengatasi Pengiriman Tidak Tuntas di Gmail

5 Solusi Mengatasi Pengiriman Tidak Tuntas di Gmail

KEPOINDONESIA.id - Selama saya menggunakan layanan email dari Gmail email yang saya kirimkan selalu terkirim tanpa ada kendala. Memang di beberapa situasi email tidak langsung terkirim alias menunggu 5-10 detik hingga email tersebut terkirim.

Tetapi saya belum pernah mengalami mengalami email gagal terkirim atau yang sering disebut dengan pengiriman tidak tuntas. Dengan keterangan lengkapnya seperti dibawah ini. Mungkin ada beberapa dari kalian yang pernah atau sering mengalaminya.

"Pengiriman tidak tuntas. Ada masalah sementara saat mengirimkan pesan Anda ke alamat@emailtujuan.com. Gmail akan mencobanya ulang selama ... jam lagi. Anda akan mendapatkan pemberitahuan bila pengiriman gagal secara permanen".

Apa seperti itu yang pernah kalian alami? jika iya kalian bisa simak apa yang akan saya bahas kali ini. Akan saya bahas apa saja solusi mengatasi pengiriman email yang tidak tuntas atau email yang gagal terkirim karena tidak tuntas.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lainnya yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Seperti cara melihat semua email yang login di perangkat Windows 10 serta cara mengetahui alamat pengirim email yang mengirimkan email ke kalian.

Periksa Koneksi Internet


Yang pertama kalian bisa periksa koneksi internet yang kalian gunakan. Pastikan ada dan bisa untuk mengirim sebuah email. Karena jika data seluler muncul tetapi tidak bisa terhubung ke internet sama saja tidak akan bisa digunakan untuk mengirim email.

Periksa Alamat Email Tujuan


Berikutnya kalian bisa pastikan periksa alamat email tujuan supaya tidak keliru atau salah. Khususnya untuk email premium yang biasanya digunakan oleh perusahaan dan layanan tertentu jangan sampai salah dan keliru.

Lampiran Terlalu Berat


Misalnya kalian melampirkan sesuatu baik foto, video, atau dokumen pastikan lampirannya tidak terlalu besar. Walaupun bisa untuk mengirim file tetapi tidak dengan file yang memiliki size besar. Alternatifnya upload di penyimpanan awan dan bagikan menggunakan tautan atau link.

Server Email Penerima Bermasalah


Untuk email premium yang menggunakan layanan hosting jika layanan hosting yang digunakan bermasalah maka email tersebut juga akan bermasalah. Jadi jika kalian mengirimkan sebuah email ke email premium dan tidak tuntas bisa tunggu beberapa jam sebelum mengirim email lagi.

Penyimpanan di Email Penerima Penuh


Bagi kalian yang sering melamar pekerjaan lewat email mungkin pernah atau sering mengalami kendala ini. Oleh karena itu biasanya lampiran CV dibatasi paling besar file size nya sekitar 200KB. Jika lebih dari itu maka email akan otomatis ditolak.

Kendala pengiriman tidak tuntas biasanya terjadi jika email tujuan menggunakan layanan email premium yang menggunakan domain sendiri. Jika menggunakan layanan email Gratis seperti Gmail, Yahoo Mail, atau Outlook Mail saya rasa tidak akan seperti itu.

Seperti pada keterangannya kalian bisa tunggu saja karena setelah beberapa jam akan dikirim ulang secara otomatis. Misalnya ada pemberitahuan bahwa email gagal dikirim secara permanen kalian bisa buat email lagi dan kirimkan ulang secara manual.

Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai apa itu surel dan email. Surel untuk sekarang ini memang tidak banyak digunakan padahal istilah surel lebih baku daripada email.


EmoticonEmoticon