Sabtu, 19 Oktober 2019

Cara Mengatasi Motor Terasa Berat Supaya Enteng dan Lincah Kembali

Cara Mengatasi Motor Terasa Berat Supaya Enteng dan Lincah Kembali

KEPOINDONESIA.id - Sepeda Motor merupakan salah satu transportasi yang bisa dibilang favorit bagi banyak kalangan. Seperti yang kita tau, banyaknya orang atau rumah yang sudah memiliki sepeda motor ini angkutan umum menjadi agak sepi, tidak seperti beberapa tahun yang lalu.

Selain berefek pada angkutan umum, banyak anak-anak kecil yang seharusnya masih naik sepeda kini sudah pada naik motor di jalanan. Ya mau gimana lagi, jaman sekarang sudah semakin maju.

Untuk pembahasan saya kali ini yaitu tentang motor terasa berat, lebih tepatnya cara mengatasi motor yang terasa berat. Baik motor Bebek, Matic, atau Sport penyebabnya hampir sama. Seperti penyebab tarikan gas motor matic terasa berat atau motor terasa berat di putaran bawah, bisa jadi itu hanyalah masalah sederhana.

Salah satunya jika mesin motor panas tarikan menjadi berat, motor injeksi berat, atau tarikan gas motor ngeden. Jadi masalah sederhana ini bisa mengakibatkan motor kalian mejadi berat seperti minta di servis, padahal tidak.

Jadi ada banyak faktor-faktor sederhana yang bisa menyebabkan gas motor menjadi berat. Jadi saya akan membahasnya di postingan cara mengatasi gas motor yang berat ini. Namun sebelum itu kalian bisa baca ciri-ciri ban kurang angin serta apa itu ECO racing.

Cara Mengatasi Motor Terasa Berat


1. Kurang Angin


Penyebab pertama yaitu karena ban motor kita kurang angin. Banyak orang yang tidak perduli khususnya kaum perempuan dan ibu-ibu yang asal menggunakan sepeda motor saja tanpa mengecek kondisinya seperti halnya mengecek tekanan angin ban.

Sudah dipastikan jika motor bannya kurang angin maka akan menjadi berat tidak seperti saat angin terasa cukup. Jadi pastikan motor kalian memiliki cukup angin di bannya.

2. Tidak Pernah Dicuci


Entah ini sugesti atau semacamnya, jika motor baru saja dicuci pasti akan lebih enteng, ringan serta lincah seperti baru. Banyak pengguna sepeda motor yang merasakan hal seperti itu, tidak hanya saya saja.

Jadi rajin-rajinlah kalian mencuci motor kalian khususnya jika sangat sering digunakan. Karena dengan mecuci kita bisa menghemat uang saku dari pada belum waktunya service kok dibawa ke bengkel untuk diservis karena motor terasa berat.

3. Minta di Service


Sebenarnya untuk yang satu ini tidak perlu di service secara menyeluruh, namun namanya juga di service jadi harus emuanya. Jadi jika motor terasa berat dan kalian sudah melakukan cara-cara diatas sebelumnya maka memang motor kalian minta di service.

Saya sarankan untuk langsung di service saja tanpa menunda-nunda waktu. Seperti oli pun jangan sampai lupa ataupun kehabisan oli, itu akan berakibat sangat fatal nantinya.

Nah itu dia beberapa cara dan penyebab kenapa sepeda motor tiba-tiba menjadi berat. Cara paling ampuh dan murah meriah yaitu rutin mencuci motor seminggu sekali ataupun dua minggu sekali. Jadi kondisi motor kalian bisa dibilang dalam kondisi terbaik.

Bisa langsung dibandikan saja sama motor yang tidak pernah dicuci, pasti tarikannya akan sangatlah berat. Atau jika kalian tidak tau cara service di bengkel resmi, kalian bisa baca cara service di bengkel resmi Honda, Yamaha, Suzuki, ataupun Kawasaki sama saja caranya.


EmoticonEmoticon