6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengakses Situs Disdukcapil Secara Online

6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengakses Situs Disdukcapil Secara Online

KEPOINDONESIA.id - Untuk keperluan tertentu terkadang kalian perlu mengakses situs DISDUKCAPIL baik dari pemerintah atau situs DISDUKCAPIL dari kabupaten/ kota dimana kalian tinggal. Ada banyak hal yang biasanya dilakukan saat mengunjungi situs DISDUKCAPIL.

Yang paling umum yaitu untuk mengecek dan memastikan Nomor Induk Keluarga atau NIK yang ada di KTP kalian. Apakah valid atau tidak, karena jika tidak perlu tindak lanjut supaya proses registrasi atau pendaftaran yang membutuhkan NIK tadi tidak terganggu.

Khususnya proses pendaftaran online yang NIK nya terhubung langsung dengan DISDUKCAPIL maka akan langsung ketahuan jika NIK kalian tidak valid. Bagaimana jika situs DUKCAPIL atau DISDUKCAPIL yang kalian kunjungi ternyata tidak bisa diakses?.

Masalah ini sangat umum terjadi dan saya sedikit memakluminya. Untuk tau apa tindakan yang perlu kalian lakukan kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengatasi tidak bisa login di aplikasi BRImo serta apa yang dimaksud dengan about blank.

Tunggu Dulu


Apabila situs DISDUKCAPIL atau DUKCAPIL yang kalian akses masih memuat atau loading saran saya tunggu saja. Karena memang jika sedang banyak yang mengunjungi situs serupa pasti akan melambat untuk bisa menampilkan halaman yang semestinya.

Muat Ulang


Apabila terlalu lama alias lebih dari 5 menit saran saya kalian bisa muat ulang atau reload. Jadi silakan reload atau muat ulang situs atau halaman tadi dan tunggu lagi sampai menampilkan halaman yang memang menjadi halaman yang dituju.

Periksa Koneksi Internet


Tidak ada salahnya memeriksa koneksi internet yang kalian gunakan baik dengan data seluler ataupun koneksi wifi. Pastikan koneksi internet lancar dan bisa digunakan untuk browsing, mengakses aplikasi sosial media, dan bisa untuk streaming di YouTube.

Akses di Jam Sibuk


Alasan kalian bisa akses di jam sibuk yaitu karena rata-rata orang akan bekerja jadi tidak banyak yang mengakses situs DISDUKCAPIL ini. Jadi kalian bisa buka di jam kerja seperti pagi hari setelah jam 8 pagi atau siang hari sekitar jam 2 siang.

Akses Situs di Waktu Dini Hari


Bagi kalian yang ingin mendaftar CPNS pasti akan melakukan pendaftaran saat dini hari karena koneksi internet pasti kencang dan orang yang mengakses situs pendaftaran tidak terlalu banyak. Cara ini juga bisa kalian lakukan saat ingin mengakses situs DUKCAPIL ataupun DISDUKCAPIL.

Coba Lagi Besok


Yang terakhir kalian bisa coba lagi besok jika memang kalian tidak terburu-buru. Jika terburu-buru saya sarankan kalian bisa langsung datang ke kantor DISDUKCAPIL terdekat karena pasti akan langsung dilayani daripada secara online yang mengandalkan server dan internet.

Karena banyak yang mengakses situs DISDUKCAPIL atau DUKCAPIL kalian harus sabar. Kendala tidak bisa mengakses atau hanya memuat terus sangat jarang terjadi jika kalian tidak terburu-buru.

Tetapi entah kenapa saat terburu-buru terkadang apa yang ingin kita lakukan jadi tertunda karena tidak bisa diakses ataupun lambat saat diakses. Kalian perlu menyikapinya dengan tenang supaya tidak kesal sendiri.

Sekian pembahasan dari saya mengenai situs web DUKCAPIL atau DISDUKCAPIL yang tidak bisa dibuka dan diakses. Sebelum saya akhiri jika kalian mengalami situs ini tidak dapat dijangkau kalian bisa baca artikel mengenai cara mengatasi permasalahan tersebut, ternyata mudah caranya.


EmoticonEmoticon