Cara Mengatasi Mail Delivery Subsystem di Gmail

Cara Mengatasi Mail Delivery Subsystem di Gmail

KEPOINDONESIA.id - Ternyata kendala saat mengirim email cukup banyak yang mungkin tidak kalian ketahui. Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai pengiriman email yang tidak tuntas. Pada pembahasan tersebut sudah saya bahas cara mengatasinya.

Jika kalian mengalami permasalahan dan kendala yang sama kalian bisa baca artikel tersebut juga. Dan untuk pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai pemberitahuan Mail Delivery Subsystem saat mengirim email. 

Atau bisa dikatakan email gagal terkirim atau tidak berhasil dikirim dan muncul tulisan tersebut. Bisa dikatakan ini sama seperti email yang tidak tuntas seperti apa yang sudah saya bahas sebelumnya, tetapi mungkin ada perbedaan sedikit. 

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas supaya kalian tau. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai pengiriman tidak tuntas di Gmail serta cara mengatasi email yang dikirim tidak terkirim tetapi masuk ke kotak keluar.

Pastikan Email Penerima Benar


Yang pertama pastikan alamat email benar baik email gratis dari layanan seperti Gmail, Yahoo Mail, dan Outlook Mail atau email premium yang biasanya digunakan oleh perusahaan. Karena banyak kasus email salah dan tidak valid maka email tidak bisa dikirimkan.

Lampiran Jangan Terlalu Berat


Jika kalian melampirkan sesuatu seperti foto atau dokumen saran saya jarang terlalu berat atau jangan sampai lebih dari 10 MB. Jika lebih kalian bisa pilih opsi unggah ke penyimpanan awan dan bagikan menggunakan tautan secara publik.

Penyimpanan Email Tujuan Penuh


Yang berikutnya karena email tujuan penyimpanan penuh. Untuk email perusahaan jelas penyimpanannya ada dan bisa sangat terbatas sesuai layanan yang digunakan. Sedangkan email gratis seperti Gmail penyimpanannya menjadi satu dengan Google Drive dan maksimalnya 15 GB.

Server Email Bermasalah atau Down


Dan yang terakhir karena server email baik email kalian atau email penerima sedang bermasalah seperti down. Untuk kendala yang satu ini tidak ada pilihan lain selain menunggu servernya normal kembali.

Email yang tidak berhasil dikirim biasanya akan dijadwalkan untuk dikirim ulang secara otomatis. Jadi jika belum pasti email tersebut gagal terkirim secara permanen saran saya tidak perlu kirim ulang email terlebih dahulu.

Karena jika berulang-ulang email kalian nantinya bisa terdeteksi sebagai spam. Saya sendiri belum pernah mengalami kendala ini walaupun saya sering beberapa kali menghubungi seseorang atau layanan tertentu lewat email.

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai Mail Delivery Subsystem dan sebelum saya akhiri jika kalian menerima email No-Reply dan kalian balas ternyata tidak ada balasan sampai saat ini maka itu wajar sekali. Kenapa wajar? kalian bisa baca pengertian dari email no-reply supaya kalian tau.


EmoticonEmoticon