Cara Mengatasi Kamera Tidak Fokus Saat Video Call

Cara Mengatasi Kamera Tidak Fokus Saat Video Call

KEPOINDONESIA.id - Video call atau panggilan video tidak perlu menggunakan kamera yang bagus asalkan wajah atau muka kita bisa terlihat ini sudah lebih dari cukup. Karena memang video call bukan untuk melihat wajah secara lebih bagus.

Untuk yang lebih bagus bisa gunakan rekaman video atau bisa foto saja. Bisa dikatakan budaya video call saat ini sudah menjadi budaya yang biasa. Artinya siapapun bisa melakukan video call dan dimanapun bisa melakukan video call.

Bukan lagi hal baru yang tidak diketahui oleh orang sekitar. Bagaimana jika saat melakukan panggilan video tetapi kamera HP kalian tidak mau fokus. Fokus disini tidak bisa fokus ke wajah atau muka dan tampilannya buram dan tidak jelas.

Tidak jelas karena kualitas kamera yang kurang bagus berbeda dengan kamera yang tidak fokus. Untuk tau solusi mengatasi kamera HP tidak bisa fokus saat digunakan untuk video call atau panggilan video kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca pembahasan lain yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi mengatasi WhatsApp yang memerlukan aplikasi resmi serta cara melakukan video call lewat aplikasi Messenger Facebook.

Bersihkan Lesan Kamera Depan


Yang pertama kalian bisa coba bersihkan lensa kamera depan di HP yang kalian miliki. Karena jika lensa kotor kamera tidak akan bisa mendeteksi dengan benar dan akan sulit fokus karena memang kamera depan tidak seperti kamera belakang.

Video Call di Tempat Yang Banyak Cahaya


Berikutnya kalian bisa lakukan video call atau panggilan video di tempat yang banyak cahayanya. Dengan cahaya tersebut kamera akan terbantu dengan cahaya yang ada dan bisa mendeteksi objek dengan mudah.

Tambah Pencahayaan


Apabila benar-benar masih kurang sesuai kalian bisa tambahkan pencahayaan. Bisa dengan lampu flash dari HP lain atau jika kalian memiliki lampu penerangan untuk studio kalian bisa gunakan lampu tersebut. 

Efek Penggunaan Tempered Glass


Dan yang terakhir karena efek menggunakan tempered glass yang menutupi kamera depan. Tidak ada pilihan lain selain melepas tempered glass tesebut. Jika kalian tidak ingin melepasnya kalian bisa nikmati saja video call tapi tidak bisa fokus.

Tidak seperti merekam langsung lewat aplikasi kamera yang bisa di setting, saat melakukan video call di WhatsApp tidak bisa di setting. Karena memang fiturnya terbatas dan tidak bisa menggunakan efek ataupun filter.

Tetapi ini lebih baik karena jika terlalu banyak fitur yang kurang dibutuhkan hanya akan membuat aplikasi WhatsApp lebih berat. Karena jika sudah berat tidak nyaman lagi digunakan untuk komunikasi.

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai solusi video call yang kameranya tidak mau fokus. Namun sebelum lanjut jika kalian mengalami kendala saat membuka rekening mandiri via video call kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon