Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Perangkat Lain Padahal Sudah Aktif

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Perangkat Lain Padahal Sudah Aktif

KEPOINDONESIA.id - Bluetooth adalah fitur penting yang sangat berguna untuk mentransfer data ke perangkat yang satu ke perangkat yang lain sebelum era smartphone seperti sekarang ini. Dari banyaknya fungsi bluetooth itulah fungsi yang paling sering digunakan.

Namun kini penggunaan bluetooth untuk memindahkan atau mengirim file ke satu perangkat ke perangkat lain sudah sangat jarang digunakan. Seperti yang kita tau transfer file dengan wireless dengan dukungan aplikasi seperti SHAREit sudah sangat populer.

Yang pertama transfer file menggunakan wireless lebih cepat berkali-kali lipat dari pada menggunakan bluetooth. Karena lebih cepat berkali-kali lipat, ukuran dan jumlah file yang bisa dikirimkan tentu lebih banyak.

Walaupun mengirimkan file dengan wireless tetap saja memerlukan dukungan dari aplikasi pihak ketiga baik si pengirim atau penerimanya. Oleh sebab itu terkadang fitur bluetooth masih sangat berguna.

Nah salah satu permasalahan yang sering terjadi yaitu bluetooth di perangkat kita tidak terdeteksi di perangkat lain. Singkatnya bluetooth sudah di aktifkan dan dinyalakan serta ikon sudah berada di posisi on.

Tetapi setelah dilakukan pengiriman nama bluetooth perangkat kita tidak terdeteksi. Kasus seperti ini sangat sering terjadi, oleh sebab itu kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi bluetooth yang tidak terdeteksi di perangkat lain seperti laptop atau komputer.

Namun sebelum kalian lanjut kalian bisa baca beberapa artikel yang terkait pembahasan saya kali ini. Seperti solusi bluetooth aktif sendiri serta penyebab aplikasi VidMate tidak bisa dibuka dan digunakan.

Penyebab Bluetooth Tidak Terdeteksi di HP Lain


Pastikan Terlihat Untuk Semua Perangkat


Pertama kalian harus memastikan bahwa bluetooth di HP yang kalian miliki terlihat di semua perangkat. Untuk mengetahui apakah bluetooth HP kalian terlihat di semua perangkat atau tidak, kalian bisa mengeceknya di pengaturan bluetooth.

Jika tertulis "Hanya terlihat pada perangkat yang disandingkan", silakan kalian klik pada tulisan tersebut sampai berubah menjadi "Terlihat untuk semua perangkat". Setelah terlihat untuk semua perangkat saya jamin bluetooth akan langsung terdeteksi.

Bluetooth Tidak Aktif Sempurna


Ini salah satu penyebab yang paling sering terjadi. Seperti yang kita ketahui bluetooth di smartphone Android dan iOS bisa kita aktifkan tanpa masuk ke pengaturan bluetooth, karena bisa kita aktifkan lewat notifikasi bar.

Nah jika kalian mengaktifkan bluetooth tanpa masuk ke pengaturan bluetooth maka bluetooth tidak akan menyala dengan sempurna. Alias jika perangkat lain ingin mengirim file ke perangkat kalian, maka perangkat kalian tidak akan terdeteksi.

Bluetooth Error


Yang terakhir yaitu bluetooth di HP miliki kalian sedang error. Penyebab bluetooth error biasanya karena di aktifkan dan dimatikan dalam jangka waktu yang dekat berulang kali. Untuk mengatasi hal itu kalian bisa reboot perangkat yang kalian gunakan.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan bluetooth tidak terdeteksi. Saya yakin jika kalian sudah membaca artikel ini kalian akan langsung tau penyebab kenapa setiap mengirim file lewat bluetooth, bluetooth di HP kalian tidak terdeteksi.

Apabila masih tidak terdeteksi kalian cek perangkat lain, apakah perangkat tersebut bisa mendeteksi bluetooth dari perangkat lain atau tidak. Misalnya ternyata tidak berarti perangkat tersebut yang bermasalah dan buka HP yang kalian miliki.

Terakhir jika HP yang kalian miliki memiliki fitur NFC tapi fitur tersebut tidak berfungsi kalian bisa baca artikel tentang cara mengatasi NFC yang tidak berfungsi. Jika NFC tidak berfungsi kalian tidak akan bisa cek saldo e-money yang kalian miliki.


EmoticonEmoticon