Cara Mengatasi Sinyal Penuh Tapi Hanya Panggilan Darurat

Cara Mengatasi Sinyal Penuh Tapi Hanya Panggilan Darurat

KEPOINDONESIA.id - Pernahkah kalian mengalami kartu SIM yang kalian gunakan sinyalnya penuh tetapi ternyata panggilan darurat? saya yakin kalian pernah mengalaminya. Saya sendiri pernah dan cukup sering dan sebenarnya ini masalah sepele.

Kalian tidak perlu panik dan yang bermasalah bukan HP yang kalian miliki. Karena sinyal terdeteksi berakhir perangkat atau HP yang kalian miliki normal. Berbeda kasus jika sinyalnya hanya tanda silang atau x saja atau malah tidak ada.

Apabila sinyal seluler penuh tetapi panggilan darurat kalian tidak akan bisa melakukan aktivitas seperti terhubung ke internet, mengirim SMS, membuat panggilan telepon, atau mengakses dial operator seluler.

Jadi untuk bisa melakukan semua hal tersebut operator seluler harus terdeteksi terlebih dahulu dan tidak dalam panggilan darurat. Nah yang menjadi pertanyaan bagaimana caranya? cara supaya tidak panggilan darurat padahal sinyal muncul dan penuh.

Untuk tau apa saja yang bisa kalian coba dan lakukan kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya. Seperti cara membuat wifi yang di sekolah menjadi tidak lambat serta cara hapus paket aktif yang ada di nomor XL.

Tunggu Sebentar Siapa Tau Hanya Gangguan


Pertama kalian bisa tunggu sebenar karena bisa saja ini hanya error atau gangguan dari operator seluler sendiri. Silakan kalian tunggu antara 3 menit sampai 5 menit atau bisa lebih jika memang gangguannya merata di seluruh wilayah.

Aktifkan Mode Penerbangan


Yang berikutnya silakan kalian aktifkan mode penerbangan atau mode pesawat lalu nonaktifkan kembali. Cara ini dari pengalaman saya cukup manjur untuk mengatasi data seluler yang tidak mau aktif atau untuk menghilangkan panggilan darurat yang muncul secara tiba-tiba.

Pastikan APN Benar dan Sesuai


Dan yang terakhir kalian pastikan APN atau Access Point Name ada dan harus sesuai dan tidak keliru atau ada kekurangan informasi. Seperti yang tau dengan merubah APN kekuatan sinyal dan kecepatan internet bisa terpengaruh dan jika saja panggilan darurat juga bisa kalian alami.

Selain tiga hal yang sudah saya sebutkan kalian bisa coba juga dengan reboot atau mulai ulang HP yang kalian miliki. Reboot perangkat untuk mengatasi panggilan darurat padahal sinyal pernah saya lakukan pada HP Samsung.

Jadi karena saya terlalu sering menggunakan mode pesawat untuk menghemat baterai ketika mode pesawat di nonaktifkan hanya panggilan darurat saja. Setelah itu saja coba untuk mulai ulang dan ternyata masalah berhasil diatasi.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas dan jelaskan. Sebelum saya akhiri jika kalian belum tau apa itu first event saat registrasi nomor XL mungkin kalian belum pernah mengalami sudah berhasil registrasi tetapi nomor XL tidak bisa di isi pulsa.


EmoticonEmoticon