3 Penyebab Lampu Rem Belakang Sepeda Motor Tidak Menyala

3 Penyebab Lampu Rem Belakang Sepeda Motor Tidak Menyala

KEPOINDONESIA.id - Lampu rem adalah bagian penting pada sebuah kendaraan baik kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Kegunaan lampu rem sama pentingnya seperti lampu depan karena jika mati bisa membahayakan pengendara lain dan pengendara itu sendiri.

Masalah yang sering terjadi di lampu rem sepeda motor yaitu lampu rem tidak mau menyala. Tetapi tunggu dulu, lampu rem di aktifkan dengan 2 cara yaitu dengan rem depan dan rem belakang.

Jika lampu rem belakang mati kalian bisa mengakalinya dengan menggunakan rem depan bebarengan dengan rem belakang. Sebaliknya jika lampu rem depan mati kalian bisa mengakalinya dengan cara menginjak lampu rem belakang saat menekan rem depan.

Selain sedikit merepotkan cara ini bisa membuat kedua rem pada sepeda motor kalian bekerja terus menerus. Padahal penggunaan rem depan dan belakang berbeda-beda. Oleh karena itu lebih baik kalian cari solusi atas permasalahan tadi.

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan lampu rem tidak menyala. Jika kalian mengalami lampu rem di sepeda motor kalian tidak mau menyala kalian bisa baca artikel ini terlebih dahulu sampai selesai.

Mungkin saja masalah yang sedang terjadi karena ada komponen yang kendor. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti biaya servis injeksi sepeda motor serta perbedaan Apple CarPlay dan Android Auto.

Penyebab Lampu Rem Mati dan Tidak Mau Menyala


1. Switch Rem Kendor


Penyebab paling umum yang terjadi saat lampu rem tidak mau menyala yaitu karena switch rem kendor. Baik switch rem depan atau switch rem belakang jika kendor maka lampu rem tidak akan merespon.

Kalian bisa mengencangkan switch rem sama seperti mengatur jarak rem tromol supaya saat di tekan atau di injak lampu rem merespon. Jika kalian tidak tau kalian bisa membawanya ke bengkel dan kemungkinan tidak dikenakan biaya.

2. Lampu Rem Mati


Berikutnya yaitu karena lampu rem sudah mati. Ciri utama jika lampu rem mati yaitu jika kalian sudah menekan rem depan dan menginjak rem belakang tetapi lampu rem tidak menyala maka sudah dipastikan lampu rem sepeda motor kalian mati.

3. Switch Rem Rusak


Yang terakhir karena switch rem rusak dan minta ganti. Jika kalian sudah mengencangkan swicth rem baik depan atau belakang akan tetapi di salah satu rem jika di gunakan lampu rem tetap menyala maka sudah dipastikan switch rem nya rusak.

Jika lampu rem rusak tidak mungkin, karena sudah kita test jika di gunakan untuk mengerem lampu rem akan menyala. Hanya saja misalnya untuk rem belakang saat diinjak tidak menyala padahal switch rem sudah dikencangkan.

Nah itu dia beberapa penyebab yang menyebabkan lampu rem di sepeda motor tidak mau menyala. Kalian bisa cek mulai dari switch rem yang kendor atau tidak, lampu rem mati atau tidak, dan kemungkinan paling buruk switch rem nya rusak.

Selain itu jika kalian menggunakan sepeda motor tetapi terasa berat saat digunakan kalian bisa baca kenapa sepeda motor berat saat digunakan. Motor yang tidak nyaman digunakan bisa menyebabkan hal-hal yang tidak kalian inginkan.


EmoticonEmoticon