Solusi Mengatasi Tampilan Aplikasi di iPad Kecil Tidak Penuh Seperti di iPhone

Solusi Mengatasi Tampilan Aplikasi di iPad Kecil Tidak Penuh Seperti di iPhone

KEPOINDONESIA.id - Kalian baru membeli iPad dan bingung kenapa beberapa aplikasi tampilannya kecil alias tidak full screen seperti di iPhone? ini sebenarnya kendala umum yang sering terjadi di perangkat Tablet atau Tab. Hanya saja developer aplikasi di Android lebih banyak.

Jadi permasalahan seperti ini di Tab Android jarang terjadi, berbeda dengan di iPad yang menggunakan sistem operasi iOS atau iPadOS milik Apple. Dari segi fungsi dan fitur aplikasi tetap berjalan dengan normal.

Tidak ada kendala sama sekali, misalnya perlu login dengan akun kalian tetap bisa login. Tidak semua aplikasi yang ada di App Store di didesain untuk perangkat iPad yang memiliki ukuran layar yang lebar dan luas.

Contoh aplikasi yang tampilannya kecil layaknya di sebuah HP yaitu aplikasi Shopee. Yang menjadi pertanyaan apakah bisa diperbesar supaya menjadi penuh?. Tentu saja bisa tetapi ada 2 kemungkinan.

Untuk tau 2 kemungkinan tersebut kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya seperti iPhone X di tahun 2023 dan tahun 2024 apakah masih layak serta kenapa isi daya iPhone menggunakan MagSafe lama penuhnya.

Apabila tampilan aplikasi di iPad tidak penuh atau full screen ada tombol yang bisa kalian gunakan untuk memaksa aplikasi menjadi penuh. Tombol tersebut biasanya ada di pojok kanan bawah dan bisa kalian tekan.

Seperti yang sudah saya singgung di awal kemungkinannya ada 2. Yang pertama tampilan aplikasi lebih lebar dan luas dari sebelumnya tetapi tetap tidak full screen dan yang kedua menjadi full screen secara sepenuhnya.

Ini tergantung dari pihak pengembang dan tidak ada kaitannya dengan iPad yang kalian miliki. Jadi jangan berfikir bahwa iPad yang kalian miliki sudah rusak atau bermasalah karena aplikasinya yang memang tidak mendukung ukuran layar iPad.

Tidak hanya di iPad aja, beberapa aplikasi di App Store yang ada di iPhone juga masih ada yang tidak sempurna dari segi tampilan. Karena memang pengembang aplikasi untuk iOS masih sedikit dan sulit untuk menambahkan aplikasi ke App Store.

Asalkan fungsi aplikasi normal saya kira developer tidak memasalahkannya. Tetapi untuk game tetap harus full screen karena jika tidak full screen akan menyulitkan pengguna ketika ingin bermain game secara kompetitif.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas mengenai tampilan aplikasi yang tidak penuh di iPad. Sebelum saya akhiri apabila kalian belum tau cara mengaktifkan mode pengembang di iPhone dan iPad kalian bisa baca artikel mengenai mode pengembang yang ada di iOS.


EmoticonEmoticon