Fungsi dan Cara Mengaktifkan Mode Pengembang di iPhone dan iPad

Fungsi dan Cara Mengaktifkan Mode Pengembang di iPhone dan iPad

KEPOINDONESIA.id - Mode Pengembang atau Opsi Developer di perangkat Android? ini hal biasa. Saya yakin hampir semua pengguna Android sudah tau cara mengaktifkan Opsi Pengembang atau Developer Options dan paham betul fungsinya buat apa.

Ada banyak sekali fungsi Mode Pengembang salah satunya untuk dukungan USB Debugging dan berfungsi untuk menjalankan dan mengatur program dan sistem perangkat Android lewat perangkat desktop yang tidak bisa dilakukan jika hanya terhubung di mode transfer data.

Bagaimana dengan Mode Pengembang di iPhone dan iPad? apakah kalian berfikir bahwa di iOS ada opsi ini sama halnya di Android?. Sebelumnya memang tidak ada dan tidak bisa dilakukan tetapi semenjak iOS 16 pengguna iPhone dan iPad bisa mengaktifkannya.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan dan solusi jika Mode Pengembang tidak ada di iPhone atau di iPad yang kalian miliki? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Akan tetapi karena di iPhone saya belum menggunakan iOS 16 jadi saya tidak bisa menyertakan gambarnya.

Lebih jelas mengenai Mode Pengembang di iOS pada perangkat iPhone dan iPad kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengaktifkan mode darurat di Samsung serta perbedaan keamanan wifi WPA dan WPA2.

Cara Mengaktifkan Mode Pengembang di iPhone dan iPad


Untuk mengaktifkan mode pengembang di iPhone dan iPad sangatlah mudah. Syaratnya iPhone kalian sudah menggunakan iOS 16 atau iPad kalian sudah menggunakan iPadOS 16. Untuk mengaktifkan mode ini silakan kalian buka Pengaturan.

Di Pengaturan silakan gulir kebawah dan pilih Privasi & Keamanan. di Privasi & Keamanan kalian gulir kebawah sendiri dan pilih Mode Pengembang. Setelah kalian buka silakan kalian aktifkan Mode Pengembang.

Bisa kalian perhatikan bahwa ada keterangan seperti ini "Mode Pengembang diperlukan untuk pengembangan app dan kemungkinan keamanan perangkat anda akan dikurangi". Jadi jika kalian tidak membutuhkannya lebih baik tidak diaktifkan.

Penyebab Mode Pengembang Tidak Ada di iPhone dan iPad


Jawabannya simple sekali karena iPhone dan iPad kalian belum menggunakan iOS versi 16 karena memang fitur ini hanya tersedia di iOS 16 dan paling terbaru. Ciri khususnya di iOS 16 tertulis Privasi & Keamanan sedangkan di iOS sebelumnya hanya Privasi saja.

Apa iOS 16 bagus dan wajib diperbarui? tentu saja bagus. Akan tetapi saran saya kalian bisa pilih versi tengah-tengah supaya setiap versi iOS kalian hanya memperbarui 2 kali. Saya sendiri biasanya selalu di xx.4 dan xx.8. Sebagai contoh iOS 15.4 dan iOS 15.8 dan rencana saya akan melakukan pembaruan ketika iOS 16.4 sudah dirilis.

Mudah sekali bukan lebih mudah daripada di Android yang harus mengetuk beberapa tindakan untuk mengaktifkan dan menampilkan Opsi Pengembang. Walaupun cara kerjanya berbeda tetapi saya kira Mode Pengembang di iOS memiliki fungsi yang sama seperti yang ada di Android.

Selain Mode Pengembang iOS 16 membawa fitur menarik lainnya. Nanti setelah iPhone yang saya miliki sudah menggunakan iOS 16 akan saya bahas juga apa saja fitur-fitur yang ada di iOS 16 yang wajib kalian ketahui dan coba aktifkan dan gunakan.

Sekian pembahasan kali ini sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai apa itu Bad Request. Bad Request bisa muncul di situs web atau aplikasi yang terhubung ke server secara online seperti aplikasi perbankan.


EmoticonEmoticon