Penyebab HP Mati Ketika Charger Dicabut atau Dilepas

Penyebab HP Mati Ketika Charger Dicabut atau Dilepas

KEPOINDONESIA.id - Pembahasan kali ini mungkin akan sedikit mengulas masa lalu saya saat memiliki HP Android yang harus selalu di charger terus ketika digunakan. Jika tidak di charger dalam hitungan menit HP akan langsung mati sendiri.

Malahan terkadang baru saja di cabut HP langsung mati. Kasus seperti ini ada 2 jenis. Yang pertama ketika diisi daya baterai bisa penuh dan yang kedua baterai tidak akan bertambah dan akan berhenti di 5% atau di 15%.

Seperti namanya yaitu handphone atau perangkat mobile yang bisa dibawa kemana saja, jika selalu di charger maka tidak akan bisa dibawah-bawa. Apakah kalian pernah mengalami hal serupa? yaitu ketika charger dicabut atau dilepas HP langsung mati?.

Jika pernah berarti kalian pernah mengalami masa-masa yang sulit. Lalu apa solusinya? untuk tau solusinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Akan saya bahas solusi mengatasi HP yang mati ketika tidak di isi daya.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti SOT dan review daya tahan baterai HP Tecno Pova 2 serta di berapa persen mengisi daya yang tepat dan benar.

Baterai Bermasalah


Yang pertama yaitu masalah pada baterai. Intinya pada baterai bisa baterai sudah soak, minta diganti, bocor, atau lain sebagainya. Di beberapa situasi untuk masalah baterai masih bisa diperbaiki jadi tidak perlu pergantian komponen.

Tetapi jika tidak memungkinkan untuk diperbaiki seperti tidak bisa disuntik maka baterai harus diganti dengan yang baru. Jika tidak menyimpan daya HP tidak akan bisa menyala jika tidak dalam keadaan di charger.

Ada Komponen Yang Bermasalah


Dan yang berikutnya ada komponen yang bermasalah, error, rusak, atau short. Umumnya yaitu pada IC Charger yang memang ada kaitannya dengan arus listrik dan baterai. Untuk mengidentifikasinya kalian bisa bawa ke tempat servis supaya tidak salah perkiraan.

Ciri-ciri baterai minta diganti yaitu persentase baterai masih diatas 30% tetapi HP mati secara tiba-tiba. Cepat atau lambat HP tidak akan bisa menyala jika tidak selalu terhubung ke charger dan ini akan merepotkan.

Kasus seperti ini sering terjadi dan faktor penyebabnya cukup beragam. Bisa karena terlalu sering charging terlalu lama dan karena pemakaian. Yang jelas bisa kalian ganti saja baterainya atau jika HP yang kalian miliki juga sudah usang bisa ganti HP baru.

Selain masalah HP yang tidak bisa menyala jika tidak di charger kalian bisa baca juga pembahasan mengenai fitur penghemat baterai yang tidak bisa aktif. Jarang terjadi tetapi jika kalian mengalaminya kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon