Cara Mengatasi Mikrofon Yang Tidak Berfungsi di HP Xiaomi

Cara Mengatasi Mikrofon Yang Tidak Berfungsi di HP Xiaomi

KEPOINDONESIA.id - Mikrofon sangatlah penting supaya suara kita dapat terekam dan disampaikan ke pengguna lain. Merekam video supaya suara masuk ke video harus ada mikrofon. Saat menelpon supaya orang lain bisa mendengarkan suara kita perlu yang namanya mikrofon juga.

Mikrofon dan speaker sebenarnya sangat jarang rusak jika dibandingkan dengan komponen lainnya. Walaupun jarang tetapi tetap bisa rusak khususnya jika sudah terkena dan terendam oleh air.

Karena semua komponen elektronik juga sudah terkena air pasi cepat atau lambat akan bermasalah. Lalu bagaimana cara mengatasi mikrofon yang tidak berfungsi di HP Xiaomi? ada beberapa cara yang bisa kalian coba dan lakukan.

Saya mengambil masalahnya secara umum dan tidak spesifik karena suatu faktor penyebab. Jadi bisa saja cara yang saya bahas untuk error atau kerusakan ringan dan bisa saja untuk kerusakan dan masalah yang lebih serius.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi mengatasi HP yang tidak bersuara dan tidak berbunyi serta solusi mengatasi rotasi layar HP yang tidak berfungsi.

Reboot Perangkat, Tidak ada salahnya kalian reboot perangkat yang kalian miliki. Ada kemungkinan bahwa ini hanya sekedar error dan bisa normal kembali setelah perangkat berhasil di reboot.

Tes Degan Aplikasi Pengetes, Kalian bisa tes apakah mikrofon atau mic memang bermasalah atau tidak. Untuk pengguna Android kalian bisa gunakan aplikasi Mic Test yang ada di Play Store.

Bersihkan Lubang Mikrofon, Untuk membersihkan mikrofon dan speaker memang tidak mudah. Khususnya t mikrofon kalian bisa bersihkan dengan tusuk gigi atau lidi untuk mencukel kotoran yang ada dan untuk membersihkan secara menyeluruh bisa kalian tiup.

Bawa ke Tempat Service, Dan yang terakhir supaya lebih pasti dan jika ada kerusakan bisa langsung kalian perbaiki kalian bisa baca ke tempat servis atau service center Xiaomi jika memang dekat dengan rumah kalian.

Kasus mikrofon yang bermasalah saya sendiri belum pernah mengalaminya. Tetapi ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kerusakan komponen tersebut. Seperti jatuh, HP terinjak kendaraan, atau masuk ke dalam air.

Saran saya segera perbaiki jika kalian tidak ingin kesulitan saat berkomunikasi lewat telepon. Karena mikrofon sama pentingnya dengan earpiece yang bisa kita gunakan untuk mendengar lawan bicara kita.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri apabila HP Samsung yang kalian miliki muncul tanda seru (!) nya ketika ingin di charger kalian bisa baca artikel mengenai tanda seru yang ada di HP Samsung ketika sedang di isi daya.


EmoticonEmoticon