Cara Mengatur Layar HP Supaya Matinya Lebih Lama atau Lebih Cepat

Cara Mengatur Layar HP Supaya Matinya Lebih Lama atau Lebih Cepat

KEPOINDONESIA.id - Mengatur waktu layar mati, waktu layar tidur, atau waktu lockscreen perlu kalian tentukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Defaultnya untuk smartphone jika tidak salah sudah diatur di durasi 1 menit.

Jadi jika tidak ada sentuhan pada layar selain saat menonton konten media seperti video layar akan mati setelah 1 menit tidak ada aktivitas. 1 menit bisa dibilang tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama jadi bisa hemat baterai.

Jika kalian atur menjadi 30 detik ini masih termasuk terlalu cepat dan jika kalian atur menjadi 5 menit ini terlalu lama untuk sebuah smartphone atau HP. Yang menjadi pertanyaan bagaimana cara mengaturnya?.

Ternyata masih banyak pengguna smartphone baik Android atau iOS yang belum tau cara mengatur waktu tidur atau waktu kunci layar ini. Tetapi untuk pembahasan kali ini saya mencontohkan di perangkat Android dan tepatnya di HP Xiaomi.

Untuk di perangkat lain atau iOS sekalipun sebenarnya sama yaitu kalian bisa atur di menu Tampilan dan Layar Kunci di Pengaturan atau Setelan. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa arti layar nyala dan layar mati di informasi baterai iPhone serta kecerahan layar yang bagus dan tidak terlalu terang untuk HP.

Cara Mengatur Waktu Tidur atau Waktu Kunci Layar di HP Android


1. Silakan kalian buka Setelan terlebih dahulu lalu pilih menu Layar kunci

Silakan kalian buka Setelan terlebih dahulu lalu pilih menu Layar kunci

2. Selanjutnya pilih Tidur

Selanjutnya pilih Tidur

3. Sebelumnya waktu tidur layar di HP saya yaitu 1 menit

Sebelumnya waktu tidur layar di HP saya yaitu 1 menit

4. Bisa kalian ubah lebih cepat atau lebih lama sesuai dengan kebutuhan

Bisa kalian ubah lebih cepat atau lebih lama sesuai dengan kebutuhan

Bisa kalian atur lebih lama ketika sedang export video atau saat update sistem operasi. Kenapa? karena jika layar dalam keadaan mati prosesnya terkadang akan terhenti dan bisa menjadi gagal. Bisa juga kalian atur lebih cepat ketika daya baterai sudah mau habis tetapi kalian belum bisa melakukan charging

Tetapi dari apa yang sudah saya alami waktu tidur 1 menit sudah lebih dari cukup. Terkadang memang saya ubah menjadi 10 menit atau lebih lama jika memang tersedia ketika sedang update sistem. Karena jika update sistem gagal lebih mengkhawatirkan daripada sekedar menghemat daya baterai. 

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai cara atur waktu tidur kunci layar HP Android. Sebelum saya akhiri jika kalian ingin mengaktifkan kecerahan otomatis supaya bisa terang dan redup sendiri kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut. 


EmoticonEmoticon