4 Solusi Mengatasi Mode Hemat Baterai Tidak Bisa Diaktifkan

4 Solusi Mengatasi Mode Hemat Baterai Tidak Bisa Diaktifkan

KEPOINDONESIA.id - Penghemat baterai atau mode hemat baterai bisa kalian aktifkan untuk menghemat penggunaan baterai di perangkat kalian. Saat mode ini diaktifkan kinerja perangkat akan menurun dan dibatasi supaya tidak terlalu banyak mengkonsumsi daya baterai.

Setiap perangkat gadget yang menggunakan baterai seperti Smartphone dan Laptop pasti memiliki fitur ini. Karena baterai salah satu hal yang sangat dibutuhkan supaya perangkat bisa aktif dalam waktu yang lebih lama penghemat baterai biasa terkadang masih kurang.

Oleh karena itu beberapa produsen smartphone Android banyak yang menghadirkan penghemat baterai tingkat lanjut yaitu yang benar-benar membatasi kinerja perangkat. Sebagai contoh jika di Xiaomi ada penghemat baterai ultra.

Penghemat baterai ultra berbeda dengan penghemat baterai biasa karena saat di mode pengjemat baterai ultra fungsi smartphone di perangkat kalian akan dinonaktifkan untuk menghemat baterai supaya benar-benar lebih hemat.

Saya tidak akan bahas lebih lanjut mengenai penghemat baterai ultra di Xiaomi karena sebelumnya pernah saya bahas. Karena topik pembicaraan kali ini memang bukan itu melainkan penyebab, faktor, dan solusi mengatasi penghemat baterai yang tidak bisa diaktifkan.

Jadi apakah kalian pernah mengalami penghemat baterai tidak bisa diaktifkan? jika iya apakah saat itu kalian bingung?. Misalnya kalian mengalaminya kembali kalian tidak usah bingung dan pusing mencari penyebabnya.

Karena kali ini saya akan menjelaskan penyebab dan solusi mengatasi mode hemat baterai yang tidak bisa diaktifkan. Namun sebelum lanjut ke pembahasan utamanya kalian bisa baca kenapa launcher di Android terus berhenti serta perbedaan Power Saver dan Balanced di Windows.

Penyebab Mode Hemat Baterai Yang Tidak Bisa Dihidupkan


1. Baterai Masih Dalam Keadaan Penuh atau 100%


Faktor pertama yaitu karena baterai masih penuh atau baru saja kalian charger sampai 100% tetapi langsung kalian aktifkan mode penghemat baterai. Selama saya menggunakan perangkat Android dan iOS tidak ada masalah.

Artinya mode hemat baterai bisa diaktifkan saat baterai masih penuh 100%. Tetapi ternyata ada beberapa perangkat yang hanya bisa mengaktifkan mode penghemat baterai saat baterai 99% kebawah, artinya saat 100% mode hemat baterai belum bisa diaktifkan.

2. Ada Setelah Lain di Menu Hemat Btaerai


Umumnya di menu Mode Hemat Baterai hanya ada tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode tersebut. Atau ada juga tambahan setelan yang bisa kalian gunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan penghemat baterai sesuai jadwal.

Nah sepengalaman saya di beberapa perangkat Android ada setelan lainnya yang memang harus diaktifkan supaya penghemat baterai aktif. Seperti pengguna harus memilih apakah kinerja CPU dibatasi sepenuhnya atau tidak.

3. Penghemat Baterai Tidak Bisa Diaktifkan Saat Perangkat Sedang di Charger


Supaya tidak mempengaruhi proses pengisian daya perangkat, mode hemat baterai atau penghemat baterai di perangkat terbaru tidak bisa diaktifkan dan akan nonaktif sendiri saat perangkat dilakukan pengisian daya.

Wajar saja karena saat perangkat melakukan pengisian daya kenapa harus mengaktifkan penghemat baterai? kan tidak ada manfaatnya. Oleh karena itu jika penghemat daya tidak bisa diaktifkan saat perangkat kalian di cas kalian tidak usah bingung.

4. Karena Mode Lain Aktif


Dan yang terakhir karena ada mode performa yang aktif maka mode penghemat daya tidak bisa diaktifkan. Yang saya maksud disini yaitu mode gaming, jika perangkat kalian memiliki mode gaming lalu diaktifkan maka penghemat daya tidak akan aktif saat mode gaming sedang aktif.

Saya sendiri tidak sering mengalami permasalahan ini, mungkin hanya sekali atau dua kali saya karena selebihnya saya sudah paham. Misalnya kalian sering mengalaminya kalian bisa simpulkan sendiri berdasarkan penyebab yang sudah saya sebutkan diatas.

Atau jika sangat parah dan kurang masuk akan bisa saya perangkat kalian yang error dan bermasalah. Kalian baru menggunakan Samsung dan bingung dengan fungsi Perawatan Perangkat yang ada di setelan? kalian tidak usah bingung karena ada beberapa informasi pada menu tersebut.


EmoticonEmoticon