Apa Boleh Ngecas HP Saat 15%, 30%, 40%, 70%, 90%, atau Yang Lainnya?

Apa Boleh Ngecas HP Saat 15%, 30%, 40%, 70%, 90%, atau Yang Lainnya?

KEPOINDONESIA.id - Masih banyak yang bingung dan terlalu memikirkan saat ingin mengecas baterai HP yang dimiliki. Charging HP keluaran terbaru seperti Android tidak perlu kalian pikirkan kapan harus melakukannya.

Semakin mendekati 100% maka proses pengecasan akan semakin cepat dan semakin mendekati 0% maka proses pengisian akan semakin lama. Kalian bisa kira-kira sendiri kebutuhan yang biasa kalian butuhkan.

Dengan begitu kalian akan tau bahwa sisa baterai pada saat itu apakah cukup atau tidak. Jika cukup proses pengecasan tidak perlu dilakukan sedang tidak cukup lakukan proses pengecasan selama mungkin, jika tidak sampai 100% tidak masalah asalkan bertambah.

Lalu di berapa persen boleh melakukan pengecasan atau pengecasan baterai HP yang baik di berapa persen? untuk merawat baterai HP menurut saya bukan dilihat dari berapa persen kalian mulai melakukan pengecasan.

Akan tetapi yang paling penting yaitu aksesoris yang kalian gunakan untuk mengecas dan jangan berlebihan. Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa penghemat baterai ultra yang ada di Xiaomi serta solusi mengatasi Powerbank yang tidak berfungsi.

Di Berapa Persen Melakukan Pengecasan HP?


Sebenarnya tidak ada patokan pasti, akan tetapi untuk memulai pengecasan saya sarankan jika sudah dibawah 20%. Jika kalian sedang di situasi sulit kalian tetap bisa menunggu sampai baterai dibawah 5%.

Tetapi jika sudah dibawah 5% saran sara segera matikan HP yang kalian miliki. Baterai yang benar-benar habis dan perangkat mati sendiri bisa menyebabkan baterai error, drop, bahkan sampai rusak dan tidak bisa dinyalakan kembali.

Bebas saja kalian ingin melakukan pengecasan di berapa persen, yang terpenting saran saya jika sudah dibawah 5% matikan perangkat. Saya sendiri lebih sering menunggu sampai baterai dibawah 20% baru saya cas.

Apa benar baterai tidak perlu di cas sampai 100%? saya anggap pernyataan tersebut kurang tepat. Bagi saya wajib mengecas baterai HP sampai maksimal yaitu 100% supaya cell di dalam baterai tetap terisi.

Hanya saja walaupun perangkat sekarang canggih-canggih dan ada fitur auto cut tetap saja jika sudah 100% segera kalian cabut. Karena jika sudah 100% tidak kalian cabut bisa menyebabkan baterai menjadi drop.

Apa Sebenarnya Yang Merusak Baterai?


Setidaknya ada 3 hal utama yang sangat bisa merusak baterai mulai membuat baterai menjadi boros, membuat baterai error, atau membuat baterai rusak dan mati total. Yang pertama kebiasaan menggunakan HP saat sedang di cas.

Hal ini memang tidak buruk, akan tetapi jika dilakukan secara berlebihan maka dapat merusak baterai. Yang kedua seperti yang sudah saya katakan tadi, mengecas terlalu lama padahal baterai sudah penuh dari beberapa jam yang lalu.

Dan yang terakhir karena charger yang digunakan. Baik kepala charger atau kabel data. Pastikan kalian menggunakan produk original atau produk yang berkualitas. Mengecas HP tidak hanya sekedar supaya baterai HP menjadi bertambah.

Akan tetapi juga merawat supaya daya tahan baterai tetap lama dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama juga. Supaya mudah ikuti instruksi dari saya, yang pertama pastikan charger yang kalian gunakan berkualitas.

Dan yang kedua charger HP antara 20%-10% dan cabut setelah baterai terisi 100% atau setelah terisi penuh. Saya jamin jika kalian mengikuti apa yang saya jelaskan baterai di HP kalian tetap awet walaupun digunakan lebih dari 3 tahun.

Sebelum saya akhiri apakah kalian tau dengan apa yang dimaksud dengan waktu siaga perangkat? jika kalian tidak tau apa itu waktu siaga kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai waktu telepon siaga atau waktu siaga seluler.


EmoticonEmoticon