Solusi Mengatasi HP Tecno Yang Boros Padahal Baterai Besar

Solusi Mengatasi HP Tecno Yang Boros Padahal Baterai Besar

KEPOINDONESIA.id - Tecno dikenal salah satu produsen HP dengan harga yang murah tetapi spesifikasi yang dibawa sangat mumpuni. Dari beberapa spesifikasi yang ditawarkan yang membuat saya tertarik yaitu kapasitas baterainya yang tergolong besar.

Bisa dikatakan rata-rata kapasitas baterai yang disematkan oleh Tecno yaitu 6000 mAh. Sedangkan untuk HP Android dari produsen lain masih di 5000 mAh bahkan terkadang ada yang kurang dari 5000 mAh. Apakah kapasitas baterai 6000 mAh membuat nya menjadi lebih awet?.

Seharusnya iya, tetapi kalian harus tau bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Pada pembahasan kali ini saya akan membahas Tecno secara umum dan tidak merujuk pada beberapa produk seperti Tecno Pova 5, Tecno Pova 4, Pova Neo 2 yang berkapasitas 7000 mAh, atau yang lainnya.

Apabila untuk urusan hardware memang Tecno menawarkan kapasitas baterai yang terbilang sangat besar untuk sekarang ini. Akan tetapi jika kalian pengguna HP Tecno tipe apapun dan merasa lebih boros dengan kapasitas baterai yang ada kalian perlu baca artikel ini sampai selesai.

Akan saya jelaskan apa saja faktor yang menyebabkan HP Android Tecno tetap boros walaupun dengan baterai yang lebih besar. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya seperti cara menolak teman yang meminta tethering hotspot serta efek mengatur kecerahan HP terlalu terang.

Banyak Fitur HP Tecno Yang Aktif


Penyebab pertama yaitu terlalu banyak fitur yang aktif yang memang memakan penggunaan daya baterai lebih banyak tetapi tidak kalian butuhkan. Untuk fitur umum yang perlu kalian nonaktifkan supaya baterai menjadi lebih hemat yaitu Lokasi, Sinkronisasi, Wifi & Bluetooth, serta Kecerahan otomatis.

Misalnya ada fitur bawaan atau fitur tambahan dari HiOS juga bisa kalian nonaktifkan atau matikan. Karena aplikasi dan fitur yang berjalan di latar belakang dengan keakuratan yang tinggi serta perlu koneksi internet sudah dipastikan akan membuat baterai menjadi lebih boros.

HiOS Belum Stabil


Sistem operasi seperti MIUI, One UI, ataupun HiOS pasti ada saat paling baik dan saatnya buruk atau tidak sesuai keinginan pengguna. Apabila kalian baru saja memperbarui HiOS dan HP Tecno kalian menjadi sedikit boros maka ini waktu HiOS yang mungkin memiliki bug.

Permasalahan yang satu ini tidak bisa langsung kalian perbaiki karena harus menunggu pembaruan berikutnya. Tidak hanya di perangkat Android saja karena di iOS pada iPhone jika mendapatkan update yang membuat baterai boros pengguna hanya bisa menunggu sampai ada update iOS lagi.

Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan Yang Terhubung ke Internet


Aplikasi yang berjalan di latar belakang sudah dipastikan tetap akan mengkonsumsi daya baterai. Apalagi aplikasi tersebut terus terhubung ke internet maka konsumsi daya baterai akan jauh lebih banyak lagi.

Walaupun tidak semuanya tetapi rata-rata aplikasi yang berjalan di latar belakang dan perlu terhubung ke internet pasti membuat baterai menjadi boros. Solusinya silakan kalian hentikan paksa, misalnya tidak bisa saran saya hapus saja aplikasi tersebut.

Dengan kapasitas baterai yang ditawarkan seharusnya daya tahan HP Tecno jauh lebih lama. Memang semuanya tergantung dari banyak faktor salah satunya faktor pengguna. Jika pengguna menggunakannya secara berlebihan wajar saja jika boros.

Apakah sistem operasi HiOS belum sepenunya optimal? bisa iya bisa tidak. Kalian sebagai pengguna bisa memaksimalkan sendiri dengan hapus aplikasi yang tidak kalian butuhkan dan matikan fitur-fitur yang boros daya apabila tidak digunakan.

Sebelum saya akhiri pembahasannya apakah kalian tau bahwa dengan menggunakan jaringan wifi selain hemat kuota internet juga hemat penggunaan baterai. Jika kalian baru tau dan belum tau juga alasannya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon