Efek Mengatur Kecerahan Layar Terlalu Tinggi atau Terlalu Terang

Efek Mengatur Kecerahan Layar Terlalu Tinggi atau Terlalu Terang

KEPOINDONESIA.id - Kecerahan layar sangat berguna saat kita menatap layar monitor atau layar HP. Adanya pengaturan bisa membantu supaya kecerahan dapat di atur sesuai dengan keinginan.

Selain di atur secara manual kalian juga bisa mengaktifkan kecerahan layar otomatis. Tentu saja tingkat kecerahannya tidak sesuai yang kalian inginkan. Hanya saja memudahkan kalian dari pada mengatur kecerahan layar secara terus menerus.

Banyak orang yang mengatur kecerahan layar khususnya di ponsel pintar dengan tingkat kecerahan tertinggi. Saya sebenarnya cukup heran, karena bagi saya kecerahan layar dibawah 20% sudah lebih dari cukup untuk digunakan di dalam ruangan.

Akan tetapi entah kenapa banyak yang mengatur kecerahan sampai sangat terang walaupun sedang di dalam ruangan. Tentu saja hal tersebut kurang bermanfaat, selain itu ada efek yang mungkin tidak kalian ketahui.

Jika kalian tidak tau efek mengatur kecerahan layar terlalu tinggi atau terlalu terang kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena saya akan menjelaskan beberapa efek yang akan terjadi karena kecerahan layar selalu di opsi paling terang.

Namun sebelum lanjut jika kalian tidak tau cara mengaktifkan kecerahan otomatis kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas. Selain itu kalian juga perlu tau tentang fungsi dari fitur Inversi Warna dan Koreksi Warna.

Efek Kecerahan Layar Yang Terlalu Tinggi


1. Penggunaan Baterai Tambah Banyak


Efek pertama yaitu penggunaan daya baterai semakin banyak. Sudah banyak artikel yang menjelaskan bahwa salah satu cara untuk menghemat baterai smartphone yaitu mengatur kecerahan layar se redup mungkin.

Misalnya kalian atur paling terang atau paling tinggi jelas penggunaan baterai akan bertambah. Walaupun begitu jika kalian berada di tempat yang banyak cahaya meningkatkan kecerahan layar adalah pilihan terbaik.

2. HP Cepat Panas


Selain boros baterai kecerahan layar terlalu tinggi juga bisa menyebabkan perangkat yang kalian gunakan menjadi lebih panas. Oleh karena itu jika berada di tempat minim cahaya kalian tidak usah menggunakan kecerahan layar terlalu berlebihan.

3. Masalah Pada Layar


Yang terakhir salah satu efek yang paling fatal saat menggunakan kecerahan layar tertinggi secara terus-menerus dapat memperpendek usia layar. Salah satu masalah yang akan timbul yaitu shadow dan burn in.

Shadow dan Burn In memang sangat lekat dengan layar tipe Amoled. Akan tetapi layar jenis IPS dan TFT juga bisa terkena shadow jika kecerahan layar selalu di posisi tertinggi.

Nah itu dia beberapa efek atau kekurangan mengatur kecerahan layar ke setelan tertinggi. Memang tidak disarankan, akan tetapi entah kenapa banyak orang selalu mengatur kecerahan ke opsi paling terang.

Sensor di HP kalian tidak berfungsi? jika kalian mengalami hal seperti itu kalian bisa baca cara memperbaiki sensor HP tanpa servis. Cara tersebut adalah langkah pertama yang bisa kalian lakukan sebelum membawanya ke tukang service.


EmoticonEmoticon