Solusi Mengatasi Apabila Salah Menginput Kode Unik Saat Transfer

Solusi Mengatasi Apabila Salah Menginput Kode Unik Saat Transfer

KEPOINDONESIA.id - Kode unik yang sering kalian temukan di layanan yang membutuhkan transfer uang merupakan kode untuk mempermudah verifikasi pembayaran secara manual. Sebelum ada sistem kode unik ini untuk melakukan verifikasi pembayaran harus mengirimkan bukti transfer ke penyedia layanan.

Jelas ini sangat merepotkan khususnya bagi orang awam. Berkat adanya kode unik proses transfer manual menjadi lebih mudah karena proses verifikasi berdasarkan kode unik. Jadi jangan salah input kode unik atau bahkan tidak menggunakannya.

Kode unik merupakan variasi angka yang biasanya berjumlah 3 digit sebagai tanda validasi masing-masing pembayaran atau transaksi. Jadi tidak akan terjadi nominal dan kode unik yang sama di waktu yang sama juga.

Sebagai contoh penggunaan kode unik yaitu jika kalian ingin melakukan transaksi dengan nominal Rp. 50.000 maka yang harus kalian transfer RP. 50.123 misalnya. Angka 123 merupakan kode unik dan wajib kalian input dan jangan sampai salah.

Bagaimana jika kode unik yang kalian input salah atau malah lupa? untuk tau solusinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai apa perbedaan rekening koran dengan mutasi serta lama proses pengembalian dana di Lazada.

Apabila kalian salah menginput kode unik atau bahkan tidak menginput kalian bisa hubungi penyedia layanan dimana kalian ingin melakukan pembayaran. Tidak perlu hubungi pihak bank melainkan hubungi pihak penyedia layanan.

Ketika salah menginput kode unik mungkin akan sedikit mudah mengidentifikasinya. Tetapi jika tanpa kode unik sama sekali mungkin akan sedikit sulit. Tetapi tenang tetap uang kalian akan dikembalikan tetapi tidak akan cepat.

Perlu proses pengecekan terlebih dahulu dan bisa sampai lebih dari 1 hari. Saya sendiri pernah mengalami ketika menggunakan layanan Flip. Karena terburu-buru saya lupa mengiput kode unik yang menyebabkan proses transaksi tidak bisa diteruskan.

Kemudian saya hubungi pihak Flip dan saya jelaskan kronologinya. Uang tidak langsung dikembalikan karena memang proses refund biasanya memakan banyak waktu. Tetapi yang jelas uang saya kembali walaupun saja salah menginput kode unik.

Di beberapa layanan salah menginput kode unik mungkin akan membuat uang kalian hilang. Jadi saran saya copy-paste saja jika kalian melakukan transfer antar bank secara manual dan tidak menggunakan virtual account.

Karena memang kode unik tadi sebagai pengganti virtual account, melakukan validasi hanya menggunakan kode tanpa bukti transfer. Jika ada opsi virtual account pilih saja virtual account karena selain lebih cepat ini juga lebih aman.

Sekian pembahasan dari saya mengenai kode unik atau kode pembayaran yang salah input. Sebelum saya akhiri apabila kalian mengalami pending saat transfer uang lewat DANA kalian bisa baca artikel mengenai cara mengatasinya supaya transaksi tidak pending.


EmoticonEmoticon