Cara Mengetahui Kapan Video Direkam Pertama Kalinya

Cara Mengetahui Kapan Video Direkam Pertama Kalinya

KEPOINDONESIA.id - Apakah bisa mengetahui kapan kita merekam video? tentu saja bisa dan caranya sangat mudah apabila masih di perangkat yang digunakan untuk merekam. Sebelumnya sebenarnya saya juga sudah pernah membahas mengenai cara mengetahui kapan foto diambil.

Pada artikel tersebut saya menjelaskan kalian bisa mengetahui kapan foto yang ada di galeri di ambil. Khusus foto yang di ambil langsung pada perangkat tersebut. Misalnya kalian penasaran dan ingin tau caranya kalian bisa baca artikel mengenai cara melihat tanggal dan waktu pengambilan foto

Sedangkan kali ini saya akan menjelaskan mengenai kapan tanggal dan waktu perekaman video. Yang akan saya bahas lebih condong ke video yang direkam langsung. Untuk video yang dikirim lewat WhatsApp dan direkam oleh orang lain caranya berbeda.

Mungkin nanti akan saya jelaskan sedikit siapa tau kalian juga membutuhkannya. Untuk lebih jelas langsung saja saya bahas bagaimana cara mengetahui dan mengecek tanggal dan waktu perekaman video.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti kegunaan dari live foto saat memotret di HP serta cara mematikan suara di aplikasi kamera di iPhone saat memotret.

Cara Mengetahui Kapan Video Direkam dan Diambil


1. Kamu akses Galeri lalu buka video yang sudah pernah kalian rekam. Jika sudah tekan tombol pilihan yang biasanya ada di pojok

Kamu akses Galeri lalu buka video yang sudah pernah kalian rekam. Jika sudah tekan tombol pilihan yang biasanya ada di pojok

2. Kemudian pilih Rincian, bisa Keterangan, atau terkadang Detail

Kemudian pilih Rincian, bisa Keterangan, atau terkadang Detail

3. Nantinya akan tampil informasi tanggal dan waktu video tersebut diambil atau direkam

Nantinya akan tampil informasi tanggal dan waktu video tersebut diambil atau direkam

Sedangkan untuk video yang tidak kalian rekam langsung kalian bisa menggunakan tool EXIF yang membaca metadata. Dengan aplikasi EXIF kalian bisa mengetahui kapan video terkait direkam. Saya sendiri tidak yakin dengan cara ini karena kemungkinan jika sudah di edit metadatanya sudah berubah. 

Tidak ada salahnya kalian mencoba karena EXIF Metadata tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Apakah penting mengetahui kapan video di rekam? saya jawab penting jika memang dibutuhkan. Apabila tidak dibutuhkan menurut saya tidak penting malah merepotkan. 

Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri apabila screen recorder dari HP kalian tidak ada suaranya kalian bisa artikel mengenai kenapa saat merekam layar tidak ada suara yang terekam. Ini banyak dikeluhkan oleh pengguna Android khususnya yang digunakan sebagai konten video YouTube dan TikTok. 


EmoticonEmoticon