4 Cara Mengatasi Hasil Rekam Layar Tidak Bersuara Yang Seharusnya Ada

4 Cara Mengatasi Hasil Rekam Layar Tidak Bersuara Yang Seharusnya Ada

KEPOINDONESIA.id - Minat menjadi seorang youtuber kini semakin banyak dan muncul lah para youtuber dengan hanya bermodal HP saja. Hanya dengan modal HP banyak konten yang bisa dibuat seperti tutorial Android, vlog, atau tutorial kecantikan.

Dari beberapa konten video yang bisa dibuat hanya dengan modal HP konten yang paling populer yaitu tutorial Android. Karena kita hanya perlu merekam layar Android atau iOS sambil menjelaskan langkah-langkahnya.

Banyak juga yang hanya merekam tanpa menjelaskan sama sekali. Tetapi saran saya supaya penonton memahaminya kalian tetap harus menjelaskan walaupun tanpa menampilkan wajah. 

Nah yang menjadi masalah ialah terkadang hasil rekaman layar tidak memiliki suara. Ini salah satu masalah utama jika kalian merekam layar berbarengan dengan merekam suara supaya lebih sinkron.

Jika suara tidak ada atau tidak jelas satu-satunya pilihan yaitu kalian harus merekam suara secara terpisah dan mencocokan suara dengan video yang sudah kalian rekam tadi. Lalu bagaimana mengatasi permasalahan tersebut?

Masalah hasil rekam layar tidak memiliki suara bisa kalian atasi jika kalian tau penyebabnya. Untuk itu kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kekurangan live wallpaper serta cara menghilangkan notifikasi jangan menutupi area earphone.

Solusi Hasil Rekam Layar Tidak Memiliki Suara Sama Sekali


Suara Tidak Aktif


Bagi kalian yang tidak sadar terkadang di aplikasi screen recorder ada pilihan untuk mematikan suara. Artinya baik suara internal atau suara eksternal tidak akan terekam jika pilihan tersebut aktif. 

Asal kalian tidak sengaja mengaktifkan fitur tersebut sebenarnya suara akan otomatis terekam khususnya suara eksternal. Sedangkan untuk suara internal tergantung perangkat yang kalian miliki.

Tidak Diizinkan Merekam Suara Internal


Yang berikutnya untuk kasus perekam layar tidak merekam suara internal. Seperti yang kalian ketahui di beberapa perangkat Android yang menggunakan versi Android terbaru banyak yang membatasi perekaman suara internal.

Hal tersebut membuat beberapa youtuber khsususnya youtuber gaming kerepotan. Pilihannya kalian bisa ganti perangkat yang mengizinkan suara internal atau mengakali dengan beberapa trik yang masing-masing perangkat memiliki trik yang berbeda.

Pilihan Microphone


Berikutnya karena salah memiliki pilihan microphone. Jika kalian tidak menggunakan mic tambahan pada setelan microphone tidak usah kalian ubah. Akan tetapi jika kalian menambahkan mic lain kalian bisa ubah sesuai dengan kebutuhan.

Karena jika salah memilih mic yang digunakan dan di setelan aplikasi maka hasil suara terkadang tidak akan terekam. Jika terekam hasilnya tidak maksimal karena sistem salah mendeteksi sumber suara.

Hasil Rekaman Error 


Dan yang terakhir karena hasil rekaman layar error dan suaranya menjadi hilang. Ini bisa terjadi jika HP kalian lag saat melakukan perekaman layar. Oleh karena itu jika memang lag tidak perlu kalian paksa untuk merekam layar.

Jadi itu dia beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi suara di aplikasi perekam layar tidak terdengar. Jika kalian mengalami masalah seperti diatas kalian bisa mencoba beberapa penjelasan yang sudah saya jelaskan 

Dan sebelum saya akhiri bagi kalian pengguna aplikasi Kinemaster kalian bisa baca solusi Kinemaster tidak bisa export video. Masalah aplikasi Kinemaster tidak bisa export video bisa kalian atasi dengan beberapa tips yang sudah saya jelaskan.


EmoticonEmoticon