Cara Mengembalikan Aplikasi ke Versi Sebelumnya atau Yang Lebih Lama

Cara Mengembalikan Aplikasi ke Versi Sebelumnya atau Yang Lebih Lama

KEPOINDONESIA.id - Versi aplikasi yang lebih baru tidak selamanya lebih baik daripada versi sebelumnya. Versi yang lebih baru memang diperuntukan untuk memperbarui versi yang sebelumnya. Mulai dari fitur, tampilan, hingga memperbaiki bug yang ada.

Tetapi yang perlu di ingat pihak pengembang bebas menghadirkan fitur apa saja dan bebas menghilangkan fitur yang sudah ada. Selain itu tidak ada yang sempurna oleh karena itu bug pertama diperbaiki maka akan muncul bug baru lainnya.

Ada kalanya banyak pengguna ingin menggunakan aplikasi di versi sebelumnya atau versi tertentu. Baik di Android atau Windows pengguna bebas memilih versi aplikasi. Sedangkan untuk pengguna iOS tidak bisa.

Yang menjadi pertanyaan bagaimana cara menemukan versi aplikasi yang sudah tidak tersedia di Play Store untuk perangkat Android?. Karena di Play Store hanya versi terbaru saja yang tersedia. Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Akan saya bahas cara install atau downgrade versi aplikasi ke versi sebelumnya atau yang lebih lama. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai cara menghilangkan pemberitahuan dari aplikasi Messenger yang muncul terus serta lama waktu instalasi aplikasi Adobe Photoshop di PC dan laptop.

Cara Install Aplikasi Versi Lama


Cara satu-satunya yaitu kalian bisa cari file .APK aplikasi terkait dan menginstallnya lewat installer. Bagaimana cara mendapatkan file aplikasi versi lama, versi terdahulu, atau old version?. banyak sekali caranya.

Kalian bisa langsung ketik kata kuncinya di pencarian Google. Atau kalian bisa cari di situs seperti Uptodown dan APKPure yang memang menyediakan setiap versi aplikasi dari yang paling lama hingga yang paling terbaru.

Alasan Kenapa Tidak Perlu Menggunakan Aplikasi Versi Lama


Alasannya yang jelas sudah pasti ketinggalan. Mulai dari fiturnya, tampilannya, serta performa aplikasi. Masih banyak yang berfikir semakin baru versi aplikasi maka aplikasi semakin berat ketika dibuka dan digunakan.

Pernyataan tersebut sebenarnya bisa dikatakan benar tetapi tidak sepenuhnya. Asalkan ukuran atau size aplikasi tidak bertambah besar bisa disimpulkan walaupun versi baru aplikasi tersebut tidak berat. Jika berat maka pengembang yang memang tidak bisa membuat aplikasi yang ringan.

Saya ambil contoh aplikasi Facebook Seluler. Banyak yang memilih menggunakan Lite atau FB Lite pada saat itu karena mengira bahwa aplikasi Facebook Seluler berat. Dari pengalaman saya memang berat tetapi tidak seberat yang mereka bayangkan.

Karena walaupun berat masih sangat ringan dan sangat wajar sebagai aplikasi media sosial. Sampai saat ini aplikasi Facebook Seluler jauh lebih layak digunakan daripada aplikasi Lite. Karena kinerjanya lebih baik, tampilannya lebih keren, dan banyak fitur.

Kesimpulannya kalian hanya perlu cari file aplikasi versi lama di pencarian Google atau di situs download aplikasi. Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri apabila kalian belum tau cara mengatasi aplikasi yang memperbarui sendiri kalian bisa baca artikel yang sebelumnya sudah pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon