Cara Mengatasi Sinyal Bulat di HP Samsung

Cara Mengatasi Sinyal Bulat di HP Samsung

KEPOINDONESIA.id - Sinyal bulat yang ada di HP Samsung akan sering kalian jumpai jika kalian sering mengaktifkan mode pesawat. Jadi ketika mengaktifkan mode pesawat dan menonaktifkannya kembali jaringan seluler belum akan terdeteksi.

Karena belum terdeteksi ikon bulat tadi akan tampil. Tetapi jika ternyata tidak muncul-muncul atau tiba-tiba sinyal di HP Samsung yang kalian miliki menjadi bulat terus ini yang menjadi pertanyaan. Sebelum indikator bar sinyal tampil maka sinyal belum terdeteksi.

Saya sendiri pernah mengalami HP Samsung yang saya miliki sinyalnya tiba-tiba bulat terus dan tidak mau muncul. Faktor penyebabnya yaitu karena sering mengaktifkan mode pesawat dengan tujuan menghemat baterai.

Setelah berbagai cara saya lakukan akhirnya bisa juga. Tetapi ingat apa yang kalian lakukan tergantung dari faktor penyebabnya. Akan tetapi secara umum untuk mengatasi sinyal HP Samsung yang bulat caranya sama.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan solusi HP Samsung yang tidak muncul sinyalnya atau hanya bulat. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel lainnya mengenai data seluler di kartu perdana baru tidak muncul serta cara menghilangkan ikon tanda R di sinyal HP.

Coba Aktifkan dan Nonaktifkan Mode Pernerbangan Sekali Lagi


Pertama apabila sinyal di HP Samsung kalian bulat baik secara tiba-tiba atau setelah mengaktifkan mode pesawat atau mode penerbangan kalian bisa coba aktifkan mode tersebut kembali lalu nonaktifkan.

Dengan cara ini sinyal data seluler yang terganggu biasanya akan segera tampil. Untuk di HP lain biasanya sinyalnya akan tertulis (x) hanya saja di HP Samsung diganti dengan ikon bulat atau yang dikenal dengan sinyal bulat.

Coba Pindai Jaringan Seluler


Berikutnya kalian bisa coba pindai jaringan seluler. Dengan memindai kita akan tau apakah bisa terpindai jaringan seluler yang ada atau tidak. Jika bisa bisa disimpulkan ini hanya error saja jadi kalian tidak usah panik dan jangan berfikir bahwa HP kalian sudah rusak.

Reboot Perangkat


Apabila memindai jaringan seluler secara manual tidak berhasil kalian bisa coba reboot perangkat yang kalian miliki. Cara ini yang saya lakukan dan berhasil. Setelah perangkat selesai booting sinyal yang bulat tadi sudah normal dan sudah muncul bar sinyalnya.

Bersihkan Kartu SIM


Reboot perangkat masih saja belum berhasil kalian bisa coba bersihkan kartu SIM yang kalian miliki. Tetapi kalian wajib mematikan perangkat sebelum melepas kartu SIM dari slot SIM walaupun tanpa kalian matikan sebenarnya sudah bisa.

Silakan bersihkan dengan cara di lap dengan kain bersih atau bisa menggunakan tisu. Setelah dirasa sudah bersih pastikan saat slot SIM Card dimasukkan tidak ada kendala seperti seret. Nyalakan dan lihat apakah sinyalnya sudah muncul atau masih bulat.

Sinyal bulat di HP Samsung termasuk masalah ringan yang memang sering terjadi. Silakan kalian coba semua atau salah satu cara yang sudah saya sebutkan diatas. Ini masih tergolong masalah ringan jika dibandingkan dengan sinyal muncul tetapi hanya panggilan darurat.

Untuk masalah tersebut kalian perlu menganalisanya terlebih dahulu. Mulai dari pengecekan IMEI, pengecekan pemindaian jaringan seluler, dan memastikan kartu SIM yang ditambahkan tidak bermasalah.

Selain sinyal yang bulat apabila waktu di HP yang kalian miliki tidak akurat atau selalu telat kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas mengenai pembahasan tersebut. Penting untuk mengatur waktu dengan tepat supaya kinerja aplikasi menjadi lancar.


EmoticonEmoticon