Arti dan Cara Menghilangkan Tanda R di Sinyal

Arti dan Cara Menghilangkan Tanda R di Sinyal

KEPOINDONESIA.id - Jaringan yang umum digunakan saat kita berada di dalam negeri yaitu 4G, H, 3G, EDGE, ataupun 2G. Tetapi di beberapa smartphone saya melihat bahwa jaringan yang digunakan saat data seluler aktif yaitu R.

Apa itu R? Saya yakin banyak yang tidak tau. Karena jika kita sedang ada di dalam negeri tidak akan muncul jaringan tersebut. Tetapi jika memang seperti itu kenapa banyak ponsel Android menggunakan jaringan R?

R sendiri artinya Roaming. Mudahnya Roaming akan muncul saat perangkat digunakan di wilayah tertentu atau kartu SIM yang digunakan berasal dari negara lain. Sebagai contoh saat kalian pergi ke luar negeri.

Maka saat mengakses internet kalian akan terhubung dengan Roaming alias operator seluler asal Indonesia akan nebeng dengan operator seluler setempat. Selain itu ponsel luar negeri yang di unlock dan digunakan di Indonesia juga bisa terjadi.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? untuk cara mengatasinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian perlu tau cara cek tanggal dan waktu secara akurat serta solusi nomor XL tidak bisa mengirim pesan.

Seperti yang sudah saya katakan tadi, selain saat kita sedang di luar negeri R atau Roaming bisa muncul saat perangkat yang kalian gunakan merupakan perangkat unlock dari negara lain seperti Jepang, Korea, dan Australia.

Untuk menghilangkannya bagaimana? jika perangkat yang kalian miliki garansi resmi Indonesia atau global kalian hanya perlu mengaturnya di pengaturan mulai dari setelan Roaming serta jenis jaringan yang digunakan.

Sedangkan untuk perangkat yang di unlock seperti Docomo, bagaimana caranya? untuk yang satu ini tidak perlu kalian cemaskan karena itu hanya simbol saja dan tidak akan membuat boros kuota.

Sedangkan penyebab yang pertama sedang di dalam negeri tetapi mengakses data roaming maka bisa bikin boros kuota internet. Atau untuk perangkat Docomo kalian bisa menggunakan kartu 4G supaya sinyal berubah menjadi H+ atau 4G.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian. Asalkan masih bisa internetan dan tidak boros kuota kalian tidak usah cemas dengan sinyal Roaming saat data seluler dinyalakan.

Muncul tulisan hubungkan ke jaringan saat membuka aplikasi? kalian bisa baca cara mengatasi hubungkan ke jaringan saat membuka aplikasi. Tentu saja masalah ini tidak terjadi di semua aplikasi yang kalian install.


EmoticonEmoticon