Cara Cek Jam & Waktu Secara Akurat, Jangan Sampai Salah

Cara Cek Jam & Waktu Secara Akurat, Jangan Sampai Salah

KEPOINDONESIA.id - Fungsi sebuah HP atau ponsel tidak hanya untuk berkomunikasi saja, namun fungsi lain dari sebuah HP yang pasti digunakan oleh setiap penggunanya ialah Jam atau Waktu. Bisa dibilang, jika kita tidak punya jam tangan atau jam dinding, kita bisa menggunakan HP untuk melihat jam berapa sekarang.

Hal ini sering dilakukan oleh orang-orang yang lebih sering ada di luar ruangan atau outdoor dari pada di dalam ruangan. Jadi kita bisa menggunakan sebuah ponsel untuk berkomunikasi serta untuk mengetahui pukul berapa sekarang.

Namun terkadang jam di HP baik di smartphone seperti Android dan iOS terkadang berubah sendiri jadi tidak terlalu akurat. Malah jika sudah error akan telat sendiri seperti jam dinding dan jam tangan yang kehabisan baterai.

Lalu bagaimana cara setting atau mengatur jam paling akurat? Untuk mengatur jam paling akurat di Indonesia menggunakan sebuah HP sangatlah mudah. Bisa lewat HP jadul sampai smartphone, yang penting ada sinyal teleponnya.

Jadi jika jam otomatis di perangkat kalian seperti HP ataupun Komputer bermasalah atau sudah tidak akurat lagi kalian bisa mengikuti langkah-langlah yang akan saya jelas. Untuk penyebab jam otomatis tidak akurat sendiri ada banyak, salah satunya device yang sudah error dan adanya virus.

Namun sebelum itu, kalian bisa baca beberapa tips dan trik menarik lainnya. Seperti penyebab HP tidak berbunyi saat ada panggilan masuk serta cara menonaktifkan fitur kontrol orang tua. Berikut beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menentukan waktu yang akurat.

Cara Menentukan Waktu Yang Paling Akurat


1. Menggunakan Layanan SMS


Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui jam dan waktu secara tepat dan akurat yaitu menggunakan layanan SMS. Kalian bisa mengirim atau menerima SMS untuk mengetahui waktu dan jam saat itu juga.

Jadi jika kita mengirim SMS dan menerima SMS nantinya akan tertera jam berapa kita meneirma SMS dan jam berapa ada SMS masuk. Selain dengan layanan SMS, kalian juga bisa menggunakan layanan Telepon untuk mengetahui waktu secara akurat.

2. Menggunakan Mesin Pencarian Google


Berikutnya kalian bisa menggunakan mesin pencarian Google untuk mengetahui jam berapa saat ini. Untuk menggunakan Google ini terbilang lengkap. Karena tidak hanya waktunya saja, tapi tanggal dan lokasi saat ini kita berada akan terdeteksi juga.

Jadi silakan kalian kunjungi mesin pencarian google.com, lalu ketik waktu atau jam setelah itu tekan enter. Nah nantinya akan muncul detail jam berapa sekarang, tanggal berapa hari ini serta lokasi dimana kalian berada.

3. Menggunakan Fitur Tanggal dan Waktu Otomatis


Dan terakhir cara yang paling sering saya gunakan ialah menggunakan fitur tanggal dan waktu otomatis. Untuk cara ini bisa kalian lakukan di smartphone ataupun HP biasa, karena di HP biasa pun saya rasa ada pengaturan waktu dan tanggal otomatis.

Cara ini juga bisa untuk menyelesaikan masalah seperti tanggal tidak akurat di aplikasi WhatsApp serta masalah jaringan tidak menyediakan informasi tanggal dan waktu.

Nah itu dia beberapa cara untuk mengetahui waktu secara akurat. Untuk zona waktunya pasti akan mengikuti lokasi kalian, jadi kalian tidak usah susah-susah menghitungnya lagi. Di wilayah WIB ya akan terdeteksi WIB, WIT ya WIT, dan WITA ya WITA.


EmoticonEmoticon