3 Solusi Mengatasi Pembayaran Kartu Kredit Ditolak di Tokopedia

3 Solusi Mengatasi Pembayaran Kartu Kredit Ditolak di Tokopedia

KEPOINDONESIA.id - Transaksi menggunakan kartu kredit di Tokopedia tidak berhasil atau gagal karena ditolak cukup membuat saya cemas beberapa waktu yang lalu. Karena memang saya belum pernah mengalaminya dan saya takut kartu kredit yang saya miliki diblokir sementara.

Tetapi setelah saya bertanya ke pihak Tokopedia dan memperhatikannya secara seksama ternyata kartu kredit saya tidak akan diblokir. Saya coba lagi tetapi untuk transaksi di Tokopedia tetap ditolak sedangkan saya coba di layanan lainnya berhasil.

Jika ternyata pembayaran dengan kartu kredit ditolak di Tokopedia dengan keterangan "Pembayaran ditolak oleh bank, dana Anda tidak terpotong. Silakan checkout ulang dan periksa kembali data kartu kredit yang dimasukkan" kalian tidak usah cemas.

Apabila kalian coba kembali secara langsung akan tetap seperti itu. Lalu bagaimana supaya pembayaran dengan kartu kredit atau CC di Tokopedia berhasil dan tidak ditolak terus? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Akan saya bahas mengenai masalah pembayaran ditolak di Tokopedia saat transaksi menggunakan kartu kredit dari bank manapun. Namun sebelum lanjut kamu perlu tau letak menu riwayat belanja terbaru di aplikasi Tokopedia serta cara mengatasi kenapa tidak bisa menambah ulasan produk di Tokopedia.

Pastikan Kode CVV Benar


Salah satu penyebab pembayaran ditolak saat menggunakan kartu kredit yaitu karena kalian salah menginput kode CVV. Walaupun salah 1x sistem akan mendeteksi aktivitas yang tidak wajar dan akan menunda beberapa menit sebelum kartu kredit bisa digunakan kembali.

Jadi silakan tunggu beberapa menit sekitar 15 menitan sebelum mencobanya kembali. Dan pastikan juga CVV yang kalian input benar tidak keliru karena jika salah atau keliru proses pembayaran akan ditolak kembali.

Salah Input Kode OTP 3D Secure


Tokopedia mendukung keamanan 3D Secure pada kartu kredit yang sudah mendukung. Ini sebagai keamanan tambahan selain CVV. Kode OTP yang merupakan keamanan 3D Secure perlu kalian input yang dikirimkan ke nomor yang terdaftar di akun bank terkait saat proses pendaftaran kartu kredit.

Apabila kalian salah menginput kode OTP dari 3D Secure maka hasilnya akan sama seperti saat salah input kode CVV. Jadi silakan kalian input dengan benar jangan sampai salah, keliru, atau jumlah digitnya tidak sesuai.

Gangguan Jadi Tunggu Saja


Apabila kalian tidak merasa salah input kode CVV dan tidak salah input kode OTP 3D Secure kalian bisa tunggu saja. Karena sistem dari Tokopedia bisa error dan sistem dari perbankan nya juga bisa error.

Asalkan tidak terburu-buru ingin melakukan transaksi ini bukanlah masalah yang berarti. Misalnya buru-buru silakan kalian belanja di marketplace lainnya atau ganti metode pembayarannya dengan kartu debit, bank transfer, ataupun dompet digital.

Umumnya jika pembayaran menggunakan kartu kredit tetapi tidak berhasil seperti pembayaran ditolak limit kartu kredit belum akan terpotong. Misalnya sudah terpotong kalian tidak usah cemas karena limit akan dikembalikan dalam 14 hari kerja.

Selain itu supaya pembayaran dengan kartu kredit tidak bermasalah lakukan transaksi online dengan waktu jeda 5 menitan. Awal-awal bisa langsung 3 transaksi sekaligus tetapi jika terlalu banyak transaksi dalam waktu yang berdekatan kartu kredit tidak akan bisa digunakan sementara waktu.

Sekian pembahasan dari saya untuk kali ini. Dan sebelum saya akhiri apabila tombol pesanan diterima di Shopee tidak bisa ditekan kalian tidak usah khawatir. Tombol tersebut pasti bisa ditekan dan jangan ditekan sebelum paket kalian terima.


EmoticonEmoticon