Penyebab Kesehatan Baterai HP Android Menurun dan Terasa Boros

Penyebab Kesehatan Baterai HP Android Menurun dan Terasa Boros

KEPOINDONESIA.id - Tidak hanya pengguna iPhone saja yang mengeluhkan kesehatan baterai yang menurun tetapi pengguna Android juga begitu. Hanya saja untuk melihat persentase kesehatan baterai atau battery health tidak semudah di iPhone.

Jadi tidak begitu banyak pengguna Android yang mempermasalahkannya. Untuk melihat kesehatan baterai di iPhone paling mudah menggunakan aplikasi untuk mengecek kesehatan baterai bukan persentase baterai.

Aplikasi yang paling saya rekomendasikan yaitu AccuBattery. Aplikasi ini terbilang cukup akurat asalkan aplikasi tidak sering terhenti sendiri. Nah yang menjadi pertanyaan apa saja yang bisa menyebabkan kesehatan baterai Android turun dan menyebabkan baterai boros?.

Ada beberapa penyebab dan penyebabnya bisa dikatakan sama saja seperti yang menyebabkan kesehatan baterai di iPhone turun. Tidak ada hubungannya dengan software sama sekali dan sepenuhnya karena aksesoris yang digunakan serta gaya penggunaan perangkat.

Untuk tau apa saja yang bisa menyebabkan kesehatan baterai HP Android turun kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kenapa baterai 18650 tidak bisa di charging serta solusi mengatasi tulisan servis di baterai iPhone.

Penyebab Kesehatan Baterai HP Android Cepat Turun


1. Adaptor dan Kabel Charger Yang Tidak Ori atau Bermasalah


Dari pengalaman saya masalah utama yang bisa membuat kesehatan baterai cepat turun yaitu dari charger yang digunakan. Baik pada adaptor charger nya atau pada bagian kabel charger yang digunakan.

Selain itu adaptor dengan watt yang terlalu besar juga bisa membuat kesehatan baterai menurun. Gunakan adaptor fast charging yang memang sesuai dan jangan terlalu berlebihan supaya baterai tidak terbebani.

2. Menggunakan HP Ketika Sedang di Charging


Ketika HP sedang di isi daya atau di cas tidak disarankan digunakan untuk kegiatan yang berat-berat seperti bermain game atau streaming video. Karena daya yang masuk akan menjadi lebih sedikit dan perangkat akan menjadi panas.

Untuk sekedar membalas chat WhatsApp atau mengakses sosial media masih diperbolehkan. Tetapi tidak disarankan kalian gunakan terus dari awal perangkat di charger sampai baterai penuh apalagi setiap harinya kalian selalu melakukan hal tersebut.

3. Telat Mengisi Daya dan Sering Baterai Penuh Tetapi Tidak Dicabut


Apabila kalian telah mengisi daya baterai kalian kedepannya baterai akan cepat mudah aus khususnya jika kalian selalu melakukan charger ketika baterai sudah dibawah 10% atau 5%. Memang HP tidak sampai kehabisan daya tetapi ini kurang bagus.

Selain itu jika sudah penuh alangkah baiknya hentikan proses pengisian daya. Memang HP jaman sekarang sudah canggih karena bisa menghentikan arus yang masuk. Walaupun dihentikan tetapi tetap ada yang masuk dan perangkat akan teraliri listrik sebelum proses pengisian daya benar-benar dihentikan.

Selain apa yang sudah saya sebukan sebenarnya masih ada faktor lainnya. Tetapi yang jelas seiring berjalannya waktu wajar saja jika kesehatan baterai menurun karena faktor umur dan digunakan setiap hari.

Asalkan masih cukup awet dan bisa bertahan seharian saya kira kalian tidak perlu ganti baterai ataupun ganti HP baru. HP mid-end yang spesifikasinya cukup mumpuni bisa kalian gunakan sampai 4 hingga 5 tahun.

Sedangkan untuk flagship sama saja tetapi di tahun ke 4 dan 5 disarankan ganti baterai supaya daya tahan baterai bisa mengimbangi performa dan kinerja perangkat. Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri kalian perlu tau cara menghilangkan bayar di layar HP apabila layar HP kalian ada bayangannya.


EmoticonEmoticon