3 Cara Menghilangkan Bayangan di Layar atau Burn In di HP Tanpa Servis

3 Cara Menghilangkan Bayangan di Layar atau Burn In di HP Tanpa Servis

KEPOINDONESIA.id - Sejak pertama kali saya memiliki HP pada tahun 2011, baru 1 kali mengalami layar pada HP saya mengalami Burn In. Kasus ini sudah saya alami sejak awal tahun 2019 dan ponsel yang mengalami Burn In tersebut sudah sangat jarang saya gunakan.

Burn In yang lebih sering disebut Shadow atau Layar Berbayang adalah kasus di mana layar mengalami perubahan di titik titik tertentu yang dapat dilihat oleh mata secara langsung. Penyebabnya yaitu karena penggunaan pixel yang tidak teratur.

Rata-rata bagian layar yang akan muncul Burn In atau bayangan yaitu bagian layar sisi kanan dan kiri serta bagian bawah dan atas. Jarang sekali Shadow muncul selain di keempat bagian tersebut, kecuali tompel.

Jenis layar AMOLED lah yang sering mengalami masalah Burn In atau Shadow ini. Jadi bagi pengguna ponsel pintar dari Samsung atau Xiaomi pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Lalu apakah Burn In berbahaya?

Sangat jelas berbahaya, jika sudah muncul Burn In di satu titik walaupun sedikit menandakan layar di HP kalian sudah tidak aman lagi. Semakin lama akan semakin meluas bayangan yang akan muncul. Maka dari itu jika disuruh memilih membeli ponsel Burn In atau Tompel, banyak orang memilih ponsel yang bertompel dilayar dari pada yang Burn In.

Karena untuk tompel dilayar tidak akan meluas atau tambah parah jika tidak ada sebabnya. Lalu bagaimana cara mengatasi layar Burn In atau mengatasi layar yang berbayang? Ada 2 pilihan yang bisa kalian lakukan.

Yang pertama yaitu memperbaikinya dengan mengganti layar tersebut dan yang kedua menghilangkan Burn In namun hanya untuk sementara atau mencegah supaya tidak menyebar dan bertambah parah.

Untuk menghilangkan bayangan di HP untuk sementara sebenarnya sangat mudah, maka dari itu saya akan membagikan sedikit pengalaman dari saya untuk menghilangkan Shadow di HP yang sudah pernah saya coba. Namun sebelum kita lanjut kalian bisa baca cara cek DPI layar Smartphone dan cara menggunakan aplikasi AccuBattery di Android.

Cara Menghilangkan Shadow di HP


1. Selalu Gunakan Kecerahan Layar Paling Rendah


Pertama yang wajib kalian atur ialah brightness atau kecerahan layar pada HP yang mengalami Burn In tadi. Wajib hukumnya jika layar berbayang khususnya di layar AMOLED untuk menggunakan kecerahan layar yang paling rendah.

Selain untuk mencegah bayangan menyebar ke pixel yang lain, mengatur kecerahan ke paling rendah bisa menghilangkan Burn In. Jika beruntung Burn In atau Shadow akan hilang dengan cara sederhana ini.

2. Gunakan Wallpaper Gelap


Menggunakan wallpaper gelap lebih cocok dimasukkan dalam mencegah layar berbayang. Ada bermacam-macam penyebab layar Shadow, salah satunya pada layar AMOLED menggunakan wallpaper yang cerah.

Untuk mencegah perbedaan warna antara status bar, wallpaper, dan navigasi bar maka sangat disarankan untuk menggunakan wallpaper yang gelap. Atau menggunakan wallpaper yang memiliki satu warna juga tidak apa-apa.

3. Gunakan Aplikasi Burn In Tool Kalibrasi


Cara terakhir yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan aplikasi semacam tool untuk mengurangi atau menghentikan masalah Burn In pada layar sekalipun. Aplikasi ini berusaha mengembalikan pixel yang terbakar supaya dapat berfungsi seperti semula kembali.

Salah satu aplikasi yang bisa kalian coba yaitu Screen Burn-in Tool. Kalian bisa mencarinya di Play Store lalu install dan buka. Kemudian ikuti instruksi yang tersedia dan nantinya aplikasi akan mengurutkan warna primer yang akan ditampilkan ke layar ponsel kalian untuk mengembalikan pixel yang terbakar tadi.

Nah itu dia tips dan cara untuk menghilangkan Burn In di HP khususnya ponsel pintar Android. Jika memang ponsel kalian masih garansi alangkah baiknya kalian langsung klaim garansi saja untuk mengganti layar yang sudah Burn In tadi.

Jika tidak mau Burn In, layar jenis IPS adalah layar paling tahan dan awet dan kualitasnya tidak kalah dengan AMOLED ataupun OLED. Jika kalian juga ingin merubah warna tampilan Google Keyboad, kalian bisa baca artikel yang pernah saya bahas. Mungkin saja kalian ingin merubah warna keyboad nya menjadi warna yang lebih gelap.


EmoticonEmoticon